Pada tugas koneksi antar materi kali ini, terdapat tujuan pembelajaran khusus: "Koneksi antar materi adalah tugas CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif"
Ditahap ini, CGP diminta untuk refleksi dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari dengan merespon beberapa pertanyaan sebagai berikut:
- Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
- Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya
Dalam modul 1.3 kita belajar tentang visi dan visi guru penggerak
berdasarkan KBBI, VISI adalah :
1) Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan
2) Pandangan atau wawasan ke depan
3) Kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan
4) Apa yang tampak dalam khayalan
5) Penglihatan atau pengamatan.
Mengapa kita harus memiliki visi guru penggerak? Ada beberapa alasan yang melatar belakangi :