Mohon tunggu...
Vera Nisrina Prawesti
Vera Nisrina Prawesti Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG

Saya percaya bahwa setiap anak memiliki potensi unik yang perlu dipupuk dengan cinta, dukungan, dan kesempatan yang tepat. Sejak saya memulai karier saya sebagai seorang guru, saya telah berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada kehidupan siswa-siswi saya, memotivasi mereka untuk belajar dengan gairah dan meraih impian mereka. Di samping pengalaman mengajar, saya juga aktif dalam kegiatan di luar kelas yang mendukung pengembangan holistik siswa. Saya percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang akademik, tetapi juga tentang membentuk karakter, keterampilan sosial, dan kepemimpinan. Saya senang berbagi pengalaman dan pengetahuan saya melalui menulis di Kompassiana. Melalui tulisan-tulisan saya, saya berharap dapat menginspirasi pembaca, berbagi ide, dan membuka dialog yang membangun tentang berbagai isu pendidikan di Indonesia. Saya berharap bahwa tulisan-tulisan saya dapat memberikan wawasan baru dan memicu perubahan positif dalam dunia pendidikan kita. Jika Anda tertarik untuk berdiskusi atau berbagi pengalaman, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui platform media sosial saya atau melalui komentar di artikel-artikel saya. Terima kasih telah membaca dan mari kita terus berkolaborasi untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SEL.07.2-T3-7. Aksi Nyata (Pembelajaran Diferensiasi)

23 April 2024   11:00 Diperbarui: 23 April 2024   11:21 1115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selamat...!!!

Anda telah mempelajari teori tentang apa itu strategi pembelajaran berdiferensiasi. Anda boleh berefleksi tentang apa yang sudah Anda pelajari dan Anda (akan) lakukan. Semoga pembelajaran tentang topik ini banyak memberikan efek positif bagi Anda untuk melakukan pembelajaran yang lebih baik lagi. 

Refleksi aksi nyata:

  1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?
       Ya, saya puas dengan proses belajar ini. Topik ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana pendekatan berbeda dalam pembelajaran dapat mengakomodasi kebutuhan individual siswa. Saya merasa lebih siap untuk merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap keberagaman siswa.

  2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?
       Salah satu ide yang menonjol adalah pentingnya memahami kebutuhan, minat, dan gaya belajar masing-masing siswa untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan efektif. Saya juga mendapatkan wawasan tentang berbagai strategi yang dapat digunakan untuk diferensiasi, seperti menyediakan pilihan tugas, penggunaan kelompok fleksibel, dan penggunaan bahan sumber daya yang beragam.

  3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
       Untuk merealisasikan ide ini, saya berencana untuk secara aktif mengamati dan mendengarkan kebutuhan siswa dalam kelas saya. Saya akan menggunakan berbagai alat evaluasi untuk mengidentifikasi kebutuhan individual mereka dan menyusun rencana pembelajaran yang sesuai. Selain itu, saya akan terus memperdalam pengetahuan saya tentang strategi diferensiasi melalui pelatihan tambahan dan kolaborasi dengan rekan kerja.

  4. Apa yang melatarbelakanginya?
       Latar belakang saya dalam pendidikan dan minat saya terhadap pengembangan profesional terus mendorong saya untuk mencari cara untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Saya percaya bahwa diferensiasi adalah salah satu kunci untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan bermakna bagi semua siswa.

  5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
       Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran saya sebagai seorang pendidik. Saya ingin menjadi guru yang responsif terhadap kebutuhan dan minat siswa, sehingga mereka dapat mencapai potensi mereka sepenuhnya.

  6. Apa indikator keberhasilannya?
       Indikator keberhasilan dari kegiatan ini dapat dilihat dari peningkatan keterlibatan dan pencapaian akademis siswa, serta umpan balik positif yang saya terima dari siswa, orang tua, dan rekan kerja tentang efektivitas strategi diferensiasi yang saya terapkan.

  7. Bagaimana langkahnya?
       Langkah-langkah yang akan saya ambil melibatkan observasi yang cermat terhadap kebutuhan siswa, perencanaan pembelajaran yang diferensiasi, implementasi strategi pembelajaran yang sesuai, dan evaluasi terus-menerus terhadap efektivitasnya. Saya juga akan terus berpartisipasi dalam pelatihan dan mengembangkan keterampilan saya dalam diferensiasi pembelajaran.

    Dengan melakukan refleksi ini, saya semakin termotivasi untuk terus meningkatkan praktik pembelajaran saya dan memberikan pengalaman yang lebih bermakna bagi setiap siswa dalam kelas saya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun