Mohon tunggu...
Vera Kumalasari
Vera Kumalasari Mohon Tunggu... -

Nama: Vera Kumala Sari\r\nNIM: 11140069\r\nKelas: PGMI-B

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Haruskah Prinsip Paud Itu Ada di Dalam PAUD?

18 Juni 2014   01:32 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:19 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

HARUSKAH PRINSIP PAUD ITU ADA DI DALAM PAUD?

Bagaimana Bunyi Landasan Pendidikan anak Usia Dini?landasan prinsip pendidikan anak usia dini ini tercantum didalam UU, baiklah mari kita ulas sedikita.a.Landasan Yuridis selanjutnya berdasarkan UU NO. 20 TAHUN 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, Pasal 1, Butir 14 dinyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. b.Landasan Filososfis dan Religi berdasarkan landasan filosofis dan religi, secara ontologis anak sebagai makhluk individu yang memiliki aspek biologis, psikologis, sosiologis dan antropologis. Sedangkan secara epistemologis, pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan konsep belajar sambil bermain (learning by playing), belajar dengan berbuat,belajar melalui stimulasi (learning by stimulating).c.Landasan Psikologis landasan psikologis merupakan landasan yang berpandangan bahwa anak usia dini memiliki berbagai keunikan atau karakteristik yang khas. Keunikan-keunikan inilah yang semestinya diperhatikan dalam pendidikan anak usia dini, sebagai upaya membentuk, mengarahkan, dan mengembangkan segala potensi yang menjadi keunikan masing-masing anak. d.Landasan Keilmuan konsep keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini bersifat isomorfis, artinya kerangka keilmuan PAUD dibangun dari interdisiplin ilmu, antara lain psikologi, fisiologi, ilmu pendidikan anak (pedagogi), sosiologi, antropologi, humaniora, manajemen, kesehatan dan gizi serta neurosains (ilmu tentang perkembangan otak manusia). e.Landasan Empiris landasan empiris ini didasarkan pada kenyataan yang ada di masyarakat bahwa banyak anak usia dini yang belum dapat terlayani dengan baik dalam hal pendidikan. e.landasan Sosiologis salah satu upaya pendidikan anak usia dini ialah mempersiapkan anak-anak untuk dapat menghadapi pendidikan lebih lanjut. Selain itu, juga untuk menjalin hubungan dengan lingkungan. Bagaimana berhubungan dengan orang tua, keluarga, teman, maupun masyarakat lebih luas? Semua dapat diperoleh melalui pendidikan sejak kecil.

Selanjutnya adalah prinsipnya meliputi: berorientasi pada kebutuhan anak,belajar melalui bermain,menggunakan lingkungan yang kondusif, menggunakan pembelajaran terpadu,mengembangkan berbagai kecakapan hidup,menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar,dilaksanakan secara bertahap dan berulang - ulang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun