Cara yang tepat untuk melakukan Penilaian kepada anak usia dini
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematik meliputi pengumpulan, penganalisisan, penafsiran, dan pemberian keputusan tentang perkembangan anak usia dini.
Didalam evaluasi ini terdapat berbagai penilaian diantaranya:
1.Penilaian unjuk kerja . penilaian ini dilakukan berdasarkan tugas anak didik dalam melakukan perbuatan yang dapat diamati, misalnya berdoa, bernyanyi dan berolahraga.
2.Observasi adalah cara pengumpulan data untuk mendapatkan informasi melalui pengamatan langsungterhadap sikap dan perilaku anak.
3.Anecdotal record (catatan anekdot). Merupakan kumpulan catatan peristiwa-peristiwa penting terhadap sikap dan perilaku anak dalam situasi tertentu.
4.Pemberian tugas. Merupakan cara penilaian berupa tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perseorangan maupun kelompok.
5.Percakapan dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuanatau penalaran anak mengetahui sesuatu. Penilaian percakapan ini ada 2 yaitu: percakapan terstruktur dan tidak terstruktur.
6.Skala bertingkat. Sering digunakan untuk melakukan penilaian pada pendidikan anak usia dini. Skala penilaian memuat daftar-daftar kata atau persyaratan mengenai tingkah laku, sikap, dan kemampuan peserta didik
7.Portofolio adalah kumpulan tugas dan pekerjaan seseorang secara sistematis.
Tujuan Paud salah satunya memantau perkembangan anak, mengetahui kesulitan belajar anak, melakukan penempatan, pertanggungjawaban pendidik. Ruang limgkup evaluasi yaitu program pengembangan pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar. Sedangakan waktunya yaitu selama proses pembelajaran berlangsung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H