[caption id="attachment_125553" align="aligncenter" width="376" caption="Ilustrasi:Google"][/caption]
Ada yang bilang pengulangan adalah ibu dari segala keterampilan. Tapi bagi pengusaha yang satu ini pengulangan adalah tanda bahwa akan laku dan boomingnya suatu produk snack atau makanan ringan. Pengusaha Inovatif yang cinta akan seni dan keindahan itu bernama Ko A-Ju alias Bp. Junaedy Tanujaya [Owner PT Sari Murni Abadi]. Sebelum di launching suatu produk makanan hendaklah dilakukan test rasa terlebih dahulu dan dalam melakukan test rasa tersebut apabila yang beri memakannya berulang ulang alias mau-mau lagi itu tandanya produk tersebut berpotensi besar untuk laku nantinya. Memakannya berulang-ulang adalah indikasi bahwa produk tersebut enak dan berpotensi untuk diterima konsumen ketika di launching nanti. Dalam melakukan test rasa, jangan menunggu jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan tapi lihatlah respon dari yang mencobanya, ini biasanya lebih murni karena respon pertama biasanya tidak pernah bohong. Disamping itu kita juga tidak boleh mengedepankan ego dalam melakukan test rasa, yang kita anggap baik dan enak belum tentu dirasakan sama oleh orang lain.
Junaedy Tanujaya memulai usahanya dari kecil dan beberapa kali sempat jatuh bangun sebelum akhirnya berhasil membangun ‘kerajaan’ bisnis di kota hujan yang sudah jarang hujan, Bogor. Beliau adalah seorang yang kreatif dan inovatif, mottonya dalam berbisnis adalah ‘jangan ikut pasar tapi kita harus cipta pasar’. Diawal memulai bisnisnya di Bogor beberapa kali produk yang di launchingnya menuai sukses dipasaran. Tapi satu yang paling fenomenal adalah MOMOGI dengan tagline: sekali coba pasti mau-mau lagi. Dilihat dari jenis produk, momogi tidaklah bisa dibilang inovatif karena produk sejenis kala itu sudah ada dan banyak beredar di pasaran. Tapi disinilah kepiawaiannya seorang Junaedy Tanujaya ia mengemasnya dengan plastik pembungkus metalizing 3 layar dan ditempatkan dalam show case atau inner box sehingga produk tampak eksklusif. Sementara produk sejenis hanya menggunakan plastik pembungkus yang tipis dan dikemas dalam bal plastik.
Momogi sendiri adalah snack dengan bahan dasar jagung berbentuk stik yang dibuat dengan menggunakan mesin extruder. Untuk produk snack jagung Momogi termasuk salah satu produk yang bertahan cukup lama dipasaran. Sepanjang pengalaman saya berkecimpung dalam industri makanan ringan jarang sekali ada produk snack sejenis yang bisa bertahan begitu lama. Sempat beberapa kompetitor dari perusahaan besar dan kecil berusaha menggoyangnya di tampuk market leader, tapi hingga kini [Agustus 2011] Momogi masih tetap bertahan. Semoga bisnisnya terus berkembang dan membawa manfaat bagi banyak orang..!!
Business Quotation :
*Memulai bisnis butuh keberanian dan kesiapan untuk gagal
*"Peluang bisnis seperti bus, selalu ada satu lagi datang."
[Richard Branson]
*Dalam bisnis, saya telah menemukan bahwa tujuan saya adalah melakukan yang terbaik untuk kemampuan maksimal saya setiap hari. Itu standar saya. Saya belajar awal dalam hidup saya bahwa saya memiliki standar yang tinggi.
[Donald Trump]
*Setiap detik itu perubahan. Kalau bisnis anda lagi dibawah tidak perlu terlalu khawatir dan kalau bisnis anda lagi diatas tidak perlu terlalu sombong dan takabur.
*Bukan keuntungan besar yang membuat anda kaya tapi kemampuan anda mengelola pengeluaran
*Kadang-kadang ketika Anda berinovasi, Anda membuat kesalahan. Cara terbaik adalah mengakui dengan cepat, dan melanjutkan dengan meningkatkan inovasi lain. [Steve Jobs]
*Hanya ada satu bos. The customer. Pelanggan. Dan dia bisa membuat semua orang di perusahaan dari ketua ke bawah seperti kebakaran jenggot, hanya dengan menghabiskan uangnya di tempat lain. [Sam Walton ]
Terima kasih
Salam mantap
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H