Mohon tunggu...
Velyz Zhang
Velyz Zhang Mohon Tunggu... Freelancer - https://nonanomad.com

Love to travel love to hike love Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Sedikit Sharing Bagi yang Hobi Traveling

14 Mei 2013   15:51 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:35 554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Banyak orang berpikir, "Si Velyz nih kerjanya jalan2 muluk, banyak banget duitnya, gak habis2." Memang bener kalo gw hobi jalan2, traveling, tapi kalau banyak duit, tidak sepenuhnya benar. Duit gw pas2an doank tapi tetap bisa jalan, kok bisa? Disini gw akan berbagi sedikit tips dan sharing cara jalan2 murah.

Pertama, perencanaan yang matang. Menurut gw ini hal terpenting. Kalender akademik gw pampang di depen meja belajar. Bukan untuk melihat kapan ujian, tapi untuk mencari tanggal merah atau tanggal liburan. Kalo bagi saya yang masih pelajar sih tersedia banyak waktu, agak susah untuk yang uda gawe. Tapi at least, ya bisa ngeliat kapan tanggal merah atau long weekend.

Kedua, hunting tiket. Banyak sekali promosi gila2an dari airlines, sebut saja Air Asia. Gw gk ngerti deh kenapa promonya bisa gila2an. Banyak juga airlines lain yang menawarkan promosi. Nah kalo ada promosi, ngeliat tanggal pas, jangan tunggu lagi. Booking dulu ! Pergi gak pergi urusan belakangan. Lakukan subscribe atau langganan di website, biar kalo ada promosi dia akan kirim info ke email. Lumayan sih sejauh ini koleksi2 tiket saya. Bandung-Pekanbaru PP 10rb, Jakarta-Surabaya-Bali 10rb, Jakarta-Kuala Lumpur 85rb, Kuala Lumpur-Kamboja 150rb (all AA), Jakarta-Balikpapan 158rb PP (citilink), baru2 ini merpati juga promo murah Jakarta-Makassar-Sorong PP 600rb. Oya tips untuk berburu tiket AA, seandainya promo tanggal 15 Januari, tanggal 14 Januari jam 11 malam udah standby dan start hunting tiket. Jangan lama2, sejam kemudian uda susah nyari tiket. Yang bersaing tidak sedikit, semua orang di seluruh Air Asia bersaing untuk mendapatkan tiket murah. Dan juga, make sure kalian punya ya stidaknya klikbca atau kartu kredit untuk memudahkan transaksi. Perlu diingat biasa periode terbang untuk tiket promo adalah jauh2 hari, bisa stengah atau setahun kedepan. Balik lagi ke point pertama, perencanaan tanggal sangatlah penting.

Ketiga, forum. Banyak forum traveling yang sangat berguna, baik untuk mencari informasi, mengajak teman bareng, bahkan meminta tebengan tidur. Website yang saya sering gunakan adalah www.couchsurfing.org. Website ini merupakan website dunia, maksudnya secara global. Coba deh sign up. Disini kita bisa masuk ke berbagai group (negara). Nah disini banyak event2 menarik, tawaran trip bareng, nanya2 informasi, dan yang paling berguna adalah kita bisa request couch ke orang. Saya sudah beberapa kali mencoba, seperti ketika saya solo traveling ke Jogja, sebelumnya saya sudah send couch request (numpag tidur lah istilahnya) ke salah satu member di Jogja, dan akhirnya saya menginap beberapa hari. Begitu juga di Probolinggo. Menurut saya akomodasi adalah expense paling tidak penting deh ! Kita cuma narok barang dan tidur bentar, eh harus bayar. Karena itu couchsurfing sangatlah membantu.
Forum kedua adalah www.backpackerindonesia.com. Disini banyak sekali tawaran2 trip, ya ketika tiba2 pengen getaway dari rutinitas, tepat banget cek disini.
Forum ketiga yaitu group di facebook. Beautiful Indonesia dan Backpacker Dunia. Disini banyak sekali yang share foto, sehingga kita lebih tahu tempat2 bagus yang bisa dikunjungi. BI untuk Indonesia, BD lebih keluar negri. BD juga sering mengadakan gathering dan disana kita bisa bertemu traveler2 lain, dan berdiskusi.

Keempat, pintar2 memanfaatkan trip. Yang kadang saya lakukan adalah, ketika ada sebuah trip, saya akan menawarkan kepada teman2 lain. Ada beberapa trip yang memberi kompensasi, kalau bisa mengajak sekian orang, maka akan dapat 1 kursi free. Lumayan juga hehe.

Ya, mungkin sekian yang bisa saya share, smoga saja bermanfaat. Kita tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk menjalankan hobi kita yaitu traveling. I didn't spend lots of money. Banyak2 membaca pengalaman orang, baik blog, maupun dari forum. Coba dipraktekan deh. Kemarin perjalanan saya yang paling berkesan adalah traveling selama 26 hari, menginjakkan kaki di Blitar, Malang (Bromo, Sempu), Probolinggo (Bromo, Madakaripura), Jember (Papuma), Bali (Danau Beratan, Taman Ayun, Tanah Lot, Kuta, Sanur, GWK, Ubud, Pura Besakih, Kerthagosa, Gunung Batur, Gunung Agung), Lombok (Gunung Rinjani, Gili Air), dalam 26 hari, I only spent 1.5 million udah termasuk pergi naik bus, pulang naik pesawat (Bali-Jakarta 150rb). Saya bisa? Kenapa anda tidak?

Mampir yaa ke www.velyz-life.blogspot.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun