Mohon tunggu...
VERA FUJIRAHAYU
VERA FUJIRAHAYU Mohon Tunggu... Guru - ibu dan pengajar

Seorang ibu dan pengajar yang menyukai pendidikan dan psikologis anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Calon Guru Penggerak Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi Model 4C

19 Februari 2023   10:51 Diperbarui: 19 Februari 2023   11:02 5021
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL 4C (Connection, Challenge, Concept dan Change)

1. Connection

Pada modul 2.1 saya mempelajari pembelajaran berdiferensiasi yaitu pembelajaran yang berusaha memenuhi kebutuhan murid yang beragam. 

Memenuhi kebutuhan murid merupakan inti dari pembelajaran diferensiasi yang sangat berkaitan erat dengan materi pada modul-modul sebelumnya. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan praktik dari pemahaman konsep pembelajaran yang berpusat pada anak yaitu pendidikan yang sesuai dengan kodrat anak.

Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus dapat mendiagnosa keadaaan muridnya seperti mengidentifikasi kesiapan belajar, minat serta profil belajarnya untuk kemudian dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat. 

2. Challenge

Pembelajaran berdiferensi merupakan sebuah solusi dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas  serta sesuai dengan kebutuhan belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi memberikan keleluasaan kepada murid untuk menumbuhkembangkan potensi dirinya karena pembelajaran yang dilakukan disesuaikan dengan minat, kesiapan belajar serta learning preferency murid. 

Namun nyatanya pembelajaran diferensiasi juga menjadi tantangan tersendiri bagi para guru yang sudah terbiasa mendesain pembelajaran sesuai dengan metode yang mereka anggap tepat padahal nyatanya tidak dapat mengembangkan potensi murid sehingga tujuan pembelajaranpun tidak tercapai secara maksimal.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi seorang guru penggerak untuk dapat  memberikan penguatan kepada rekan guru lainnya agar mampu membuka pandangannya untuk dapat mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada anak, yaitu pembelajaran yang memenuhi kebutuhan anak sehingga anak dapat mengembangkan potensi terbaik mereka

3. Concept

  • Pembelajaran berdiferensiasi merupakan serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat guru dengan berorientasi pada kebutuhan murid 
  • Kebutuhan belajar murid terdiri dari kesiapan belajar, minat serta profil belajar murid (learning preferency) 
  • Guru merespon kebutuhan belajar murid tersebut dengan menerapkan strategi  diferensiasi konten, proses serta produk 
  • Guru menciptakan lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar dengan menajemen kelas yang efektif 
  • Pembelajaran berdiferensiasi memerlukan penilaian yang berkelanjutan 
    Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi
    Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun