Mohon tunggu...
IIN
IIN Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenal Etnografi

9 April 2016   12:29 Diperbarui: 9 April 2016   12:35 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Selasa 5 April 2016 adalah pertemuan pertama saya pada kelas Antropologi. Pada pertemuan kemarin saya langsung di suguhkan suatu kata dalam materi diskusi kelas yaitu "Etnografi", kata yang tidak pernah saya dengar sama sekali..ya mungkin di karenakan kurangnya minat baca yang saya miliki, sehingga membuat saya kurang up date . Namun hal itu yang menimbulkan rasa ingin mengenal apa sebenarnya Etnografi itu.

Sebenarnya materi di kelas kemarin tidak bisa menjelaskan sepenuhnya ke saya mengenai apa itu Etnografi,tapi hari ini saya mau berbagi sedikit sampai mana saya mengenal Etnografi.

Karangan yang mengandung bahan pokok pengolahan dan analisis Antropolgi itu yang disebut karangan Etnografi. Karangan Etnografi berisikan mengenai deskripsi budaya-budaya dari suatu bangsa. Baik itu budaya dari suatu suku kecil dari bangsa tersebut maupun dari suku-suku bangsa yang besar.Suatu karangan tentunya memiliki kerangka, struktur, untuk menyusunnya, tidak terkecuali dengan Karangan Etnografi. Etnografi pun memiliki bab-bab untuk di kaji yang terdiri dari :
1. Lokasi, lingkungan alam dan demografi
2. Asal mula dan sejarah suku bangsa
3. Bahasa
4. Sistem teknologi
5. Sistem mata pencarian
6. Organisasi sosial
7. Sistem pengetahuan
8. Kesenian
9. Sistem religi.

Bab-bab diatas di tulis sesuai dengan hasil penelitian pada satu suku bangsa. dan menghasilkan satu karangan Etnografi.

Saya fikir itu saja yang dapat saya bagi hari ini, saya harap meskipun singkat namun dapat bermanfaat bagi yang membaca.
Sekian dan Terima kasih :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun