Apa  itu Komunikasi Lingkungan ?
Komunikasi Lingkungan merupakan eksistensi media yang dapat menyebarkan pesan kepada khalayak luas, dimanfaatkan untuk menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup untuk kesejahteraan manusia. Melalui pemberitaan, kampanye publik, iklan layanan masyarakat, dan propaganda, media diharapkan mampu berperan dalam menjaga keseimbangan alam, lingkungan sosial, ekonomi dan politik yang berkembang dalam satu kawasan. Oleh k aren itu  media memiliki tanggungjawab dalam memberikan informasi, tayangandan siaanyang benar dan akurat.
Menurut Keen di Nworgu (2007), teknologi informasi berarti seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi ". Lingkungan menjadi salah satu faktor keberlanjutan kehidupan manusia di bumi. Demi menjaga dan melestarikan lingkungan, muncul gerakan-gerakan yang dapat disebut environmentalism.
Dalam buku Environmental Comunication and Public Sphare,  robert cox menjelaskan mengenai komunikasi lingkungan merupakan  sebagai meda Pragmatis untuk memberkan pemahaman kepada masyarakat mengenai lingkungan seperti hubungan antara manusia dan lingkungan yang merupakan medium simbolis untuk membangn kesepahaman masyarakat terhadap permasalahan lingkungan. komunikasi lingkungan ini menyangkut strategi pengemasan pesan dan media untuk mendorong pengetahuan, kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan.Â
Di sini, pemerintah maupun organisasi non pemerintah yang concern terhadap masalah lingkungan merupakan komunikator kunci dalam pembuatan kebijakan/ program yang efektif untuk membangun partisipasi publik dalam implementasinya. Dalam lingkup praktis, komunikasi dalam lingkungan ini menyangkut strategi pengemasan pesan dan media untuk mendorong pengetahuan, kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan. Di sini, pemerintah maupun organisasi non pemerintah yang concern terhadap masalah lingkungan merupakan komunikator kunci dalam pembuatan kebijakan/ program yang efektif untuk membangun partisipasi publik dalam implementasinya.
Komunikasi menjadi hal yang penting untukmemunculkan isu-isu maupun solusi/inovasi yaang ditawarkan agar dapat muncul ke permukaan sehingga diketahui oleh masyarakat. Media menjadi sebuah sarana jitu untuk menyebarkan dan menumbuhkan kesadaran pada masyarakat mengenai lingkungan. Berita di televisi, koran, radio merupakan konsumsi masyarakat sehari-hari yang mempunyai kekuatan besar dalam membentuk kerangka berpikir.
Robert cox menambahkan bahwa, terdapat 7 bidang utama dalam komunikasi lingkungan dan ruang publik, yakni :
1. retorika dan wacana lingkungan .
2. Media dan jurnalisme lingkungan .
3. Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan lingkungan.
4. Pemasaran sosial dan advokasi kampanye .