Wawancara kerja merupakan proses yang cukup menegangkan. Berikut tips sukses menggunakan metode STAR agar proses wawancara berjalan dengan lancar, profesional, dan membuat kamu lebih menonjol dari kandidat lainnya.Â
Metode STAR adalah strategi wawancara untuk menjawab pertanyaan tentang kemampuan, keahlian, atau pengalaman kerja sebelumnya. Kata STAR sendiri adalah singkatan dari Situation (Situasi), Task (Tugas), Action (Aksi), dan Result (Hasil).Â
Metode ini banyak digunakan saat wawancara dan ditanyakan oleh rekruter untuk menganalisa pengalaman dan kualifikasi kamu sebagai kandidat. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu untuk tau bagaimana cara menjawab dan menanggapi pertanyaan yang ditanyakan rekruter dengan menggunakan metode STAR.Â
Metode STAR
Agar proses wawancara berjalan dengan lebih lancar, kamu bisa mempersiapkan naskah untuk metode STAR secara tertulis sebelum hari wawancara. Proses ini juga membantu kamu untuk tau lebih dalam tentang kekuatan, kemampuan, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamarkan, menambahkan kepercayaan diri, dan memperjelas komunikasi dengan struktur story-telling yang rapi. Â
1. Situation (Situasi)
Mulai dengan menjelaskan situasi yang berhubungan dengan pertanyaan yang ditanyakan. Galilah cerita yang relevan dari pengalaman kerja sebelumnya dan pastikan situasi ini bisa menonjolkan kemampuan kamu secara positif.Â
Ciri-ciri sebuah situasi adalah, adanya permasalahan atau peluang yang harus diatas. Contohnya, apa permasalahan perusahaan saat ini yang tim kamu harus pecahkan? Ceritakan situasinya secara singkat, karena sisa ceritanya akan diceritakan secara detil di poin selanjutnya.Â
2. Task (Tugas)
Dari situasi yang sudah dijelaskin di poin pertama, setelahnya harus didukung oleh penjelasan tugas secara rinci. Biasanya ini bisa dijelaskan dalam bentuk goals; Apa yang mau dicapai dari situasi tersebut? Apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai itu? Bisa juga dijelaskan menggunakan target atau objective key results (OKR) dari tim kamu.Â
3. Action (Aksi)
Aksi apa yang kamu ambil untuk melaksanakan tugas-tugas diatas? Ingat untuk menceritakan kontribusi personal kamu yang membantu pencapaian goal/target diatas dan jangan lupa untuk jelaskan secara rinci keahlian-keahlian kamu yang kamu pakai saat itu. Juga jelaskan mengapa kamu melakukan aksi tersebut dalam kaitannya dengan situasi dan tugas.Â
4. Result (Hasil)
Setelah sudah menjelaskan secara runtun dari situasi, tugas, dan aksi, terakhir adalah untuk merangkum semuanya dengan hasil. Apa saja hasil dari aksi dan tugas yang sudah kamu kerjakan? Bagaimana aksi kamu mengubah situasi di awal menjadi lebih baik? Dan jangan lupa jelaskan secara detil.Â
Itulah penjelasan singkat tips sukses wawancara dengan menggunakan metode STAR yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa berlatih dan membuat naskah untuk mempermudah penjelasan cerita menggunakan metode STAR sebelum wawancara. Selamat mencoba!