Mohon tunggu...
Varisa Prisilia
Varisa Prisilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IPB University

Halo! Perkenalkan saya Varisa Prisilia yang lebih dikenal dengan sapaan Varisa. Salam kenal!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran Digital Efektif pada UMKM

22 Juli 2024   23:37 Diperbarui: 22 Juli 2024   23:37 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di era yang serba digital ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dihadapkan pada peluang dan tantangan yang unik. Di satu sisi, internet membuka gerbang pasar yang luas dan memungkinkan mereka untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Di sisi lain, persaingan di dunia online semakin ketat, dan UMKM perlu beradaptasi dengan cepat untuk tetap relevan. Pemasaran digital menjadi kunci bagi UMKM untuk menavigasi lanskap digital yang kompleks ini. Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, UMKM dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau pelanggan baru, dan mendorong penjualan.

Artikel ini akan membahas ilmu pemanfaatan teknologi digital pada manajemen pemasaran UMKM. Ilmu-ilmu ini merupakan landasan fundamental bagi UMKM untuk membangun strategi pemasaran digital yang efektif dan berkelanjutan.

Peran Teknologi sebagai Upaya Pemasaran Efektif pada UMKM

Dalam memasarkan produk, UMKM harus memahami dasar-dasar manajemen pemasaran guna menarik banyak pelanggan. UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital sebagai bahan pemasaran yang efektif. Salah satu contoh bentuk pemasaran adalah personalisasi konten. Personalisasi konten adalah proses menciptakan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat individu pelanggan. Personalisasi konten dapat dipublikasikan dalam berbagai sosial media seperti Youtube, TikTok, Instagram, dan platform lainnya.

Dalam kegiatan pemasaran digital untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada pasar atau konsumen target, variabel operasional terdiri dari Awareness, Interest, Desire, dan Action (AIDA).

  • Awareness (Kesadaran) adalah proses membangun kesadaran konsumen melalui penempatan iklan di berbagai media online.
  • Interest (Ketertarikan) terjadi setelah kesadaran tercipta, di mana konsumen mulai mencari informasi lebih lanjut secara offline atau online. Secara online, konsumen mencari informasi produk melalui mesin pencari seperti Google, Youtube, Yahoo, dan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.
  • Desire (Keinginan) adalah proses menciptakan keyakinan pada konsumen sehingga mereka merasa tertarik untuk mencoba produk atau jasa tersebut. Secara online, konsumen mencari informasi lengkap mengenai produk atau jasa melalui situs web. Biasanya akun produk memiliki fitur ulasan yang mampu meyakinkan para pelanggan terhadap produk tersebut.
  • Action (Tindakan) adalah tahap akhir di mana konsumen membuat keputusan untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Peluang dan Tantangan Digitalisasi Pemasaran pada UMKM

Pemasaran digital memiliki tantangan dan peluang yang harus dihadapi oleh para Wirausaha UMKM. Digitalisasi pemasaran produk menimbulkan dampak positif yang dapat dijadikan peluang oleh para pejuang UMKM. Peluang-peluang tersebut yaitu kemudahan pelanggan untuk mengakses produk yang mereka inginkan secara efektif dalam waktu yang singkat. Selain itu, digitalisasi pemasaran dinilai adaptif karena mampu memasarkan produknya secara online saat  terjadinya lockdown akibat pandemi Covid-19. Sementara tantangan yang akan muncul antara lain tingginya persaingan, keadaptifan terhadap perkembangan teknologi, masalah keamanan dan privasi pelanggan, serta umpan balik negatif.

Proses Keberlanjutan dan Konsistensi Pemanfaatan Teknologi Pemasaran pada UMKM

Manajemen pemasaran digital adalah kunci bagi UMKM untuk menavigasi lanskap digital yang kompleks di era digital saat ini. Namun, menerapkan dan memelihara strategi pemasaran digital yang efektif secara berkelanjutan dapat menjadi tantangan bagi UMKM. Berikut adalah beberapa pedoman konsep untuk membantu UMKM memastikan keberlanjutan dan konsistensi dalam proses manajemen pemasaran digital:

  • Konsep Produksi

UMKM harus mampu membuat produknya dengan efisien, yakni menggunakan bahan yang murah namun tetap berkualitas dan mampu mengalkulasikan keuntungan sebanyak-banyaknya. Hal tersebut berkaca dengan konsep ekonomi dasar dimana UMKM perlu memerhatikan supply dan demand produk.

Konsep ini mengatakan bahwa konsumen akan memilih produk yang memiliki kualitas kinerja terbaik dan fitur menarik. Mereka hanya akan membeli produk tersebut jika produk itu memenuhi kebutuhan mereka, tanpa mempertimbangkan harga. Dalam konteks ini, perusahaan harus terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk baru yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan konsumen.

  • Konsep Penjualan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun