Surat niaga atau surat bisnis adalah surat yang digunakan untuk melakukan aktivitas usaha dan bisnis. Biasanya digunakan oleh individu atau badan yang menyelenggarakan kegiatan niaga tersebut.
Dikutip dari buku berjudul Korespondensi Bisnis Indonesia, Juni Ahyar (2015), surat niaga atau bisnis yang umum digunakan dalam kegiatan surat menyurat terbagi menjadi berbagai jenis berdasarkan fungsi, isi, dan tujuan surat itu dibuat. Maka dari itu, dalam sistematika penulisan terdapat sedikit perbedaan yang tak jarang ditemukan sebuah kesalahan dalam penulisannya, baik dari segi bahasa maupun pemilihan diksi yang kurang tepat.
Berikut langkah-langkah menulis surat niaga yang baik dan benar:
1. Membuat Kerangka Surat
Pertama-tama kita perlu membuat kerangka dasar yang berisi alamat dari pihak yang dituju, maksud dan tujuan dibuatnya surat tersebut.
2. Menulis Surat
Setelah semua data telah siap, kita dapat langsung menulis surat tersebut. Pemilihan diksi ditekankan dalam hal ini agar lebih terkesan profesional, dengan menggunakan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam surat niaga.
3. Siapkan Lampiran
Buat lampiran jika ingin disertakan dalam surat tersebut, terkait hal-hal yang ingin diberitahukan dari kepada si penerima dengan lebih jelas dan detail.
Dengan mengetahui cara menulis surat niaga yang baik dan benar, maka surat niaga yang dibuat akan meminimalisir terjadinya revisi maupun informasi yang keliru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H