Mohon tunggu...
vannes
vannes Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Untar

Mahasiswa Untar /Jurusan Manajemen Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perencanaan Produk

30 Mei 2022   13:38 Diperbarui: 30 Mei 2022   13:51 867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di buat: Vannes (115190062) 

Seperti yang diketahui bahwa perencanaan produk merupakan dasar utama dalam pengembangan produk suatu perusahaan. Tanpa perencanaan yang baik perusahaan dapat menperoleh permasalahan dalam menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga Dalam Kesuksesan ekonomi suatu perusahaan bergantung kepada kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, kemudian secara cepat menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan biaya yang rendah.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan produk merupakan suatu proses dimana menciptakan suatu produk dan dapat meneruskan pengembangan produk sampai dikenalkan kepasar.  

Menurut Ulrich (2001) perencanaan produk adalah proses dimana periodik yang mempertimbangkan portofolio dari proyek pengembangan produk untuk dijalankan.  Serta Rencana produk mengidentifikasikan portofolio produk-produk yang dikembangkan oleh organisasi dan waktu pengenalannya ke pasar. 

Proses perencanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengembangan produk. Peluang-peluang itu diidentifikasi oleh banyak sumber, mencakup usulan bagian pemasaran, penelitian, pelanggan, tim pengembangan produk, dan analisis keunggulan para pesaing.

Dalam jurnal yang dibuat oleh (Muhammad Zaidan MubarakMumuh Mulyana ) dijelaskan suatu kegitan perencanaan produk harus dengan jaminan bahwa kegiatan pengembang produk harus dapat mendukung strategi bisnis perusahaan yang lebih luas. 

Sehingga Semua perusahaan tentu menginginkan kesuksekan ekonomi terhadap pengembangan produknya, oleh karena itu dalam perencanaan produk harus dikaitkan dengan strategi perusahaan sehingga menjadi kesatuan perencanaan. Dalam melakukan perencanaan pemasaran produk baru, perlu diperhatikan pengujian pasar produk sebelum meluncurkan produk dalam skala penuh. 

Pertama-tama menguji unsur periklanan serta bentuk fisik produk. Kemudian pengujian melalui peluncuran produk kepasar. Kekurangan yang muncul dibalikkan ketahapan desain. Sehingga produk akan diatur untuk diuji dalam tes pasar lagi. Jika produk sukses dites pasar, ia bisa diluncurkan secara penuh dipasar. Jika tidak, ia harus dikembalikan ke tahapan desain.

Dalam jurnal (Perancangan dan Pengembangan Produk Manufaktur) disebutkan bahwa Secara umum ada 5 (lima) dimensi spesifik yang berhubungan yang dapat digunakan untuk menilai kinerja usaha pengembang suatu produk diantaranya:

  1. Kualitas Produk, dalam suatu perencanaan produk Seberapa baik kualitas produk yang dihasilkan sangat penting untuk diperhatikan karena kualitas produk akan menentukan harga yang akan dibayar oleh pelangan dan akan menetukan pangsa pasar.
  2. Biaya produk, biaya produk akan menentukan seberapa besar modal yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli perlatan serta menentukan berapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada penjualan dan harga penjualan. semakin besar biaya produk maka harga jual semakin tinggi.
  3. Waktu Pengembangan Produk, dalam pengembangan produk sangat dibatasi dikarenakan oleh kebutuhan konsumen dan pengembangan produk sejenis oleh competitor, waktu pengembangan produk sangat berpengaruh terhadap kemanpuan perusahaan untuk berkompetisi tentunya hal ini menentukan kecepatan perusahaan untuk menerima pengembalian ekonomis dari usaha yang dilakukan tim pengembangan.
  4. Biaya Pengembangan, biaya pengembangan merupakan salah satu persoalan yang serius bagi beberapa perusahaan dikarenakan biaya pengembangan merupakan salah satu komponen investasi untuk mencapai profit.
  5. Kapabilitas Pengembangan, dalam kapabilitas pengembangan kualitas produk sangat ditentukan serta pengalaman tim jadi dalam suatu Perancangan dan pembuatan suatu produk baik yang baru atau yang sudah ada merupakan bagian yang sangat besar dari semua kegiatan pengembangan produk.

Dalam suatu perencanaan produk terdapat tahap-tahap Untuk mengembangkan suatu rencana produk dan pernyataan misi proyek perlu 4 (empat) tahapan proses: meliputi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun