Pembuatan website pembelajaran merupakan salah satu program yang dijalankan mahasiswa Asistensi Mengajar S1-Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang tahun 2024. Pembuatan website pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Media pembelajaran berbasis digital diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran.
Adanya website pembelajaran ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pengaksesan website pembelajaran ini bisa dilakukan di smartphone dan siswa tidak perlu untuk mendownload aplikasi. Kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang sama atau setara. Hal ini sesuai dengan tujuan SDG 4 yaitu mewujudkan pendidikan berkualitas dimana memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk belajar.
Pembuatan website ini ditujukan kepada siswa akuntansi kelas X dan kelas XI di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Pada kelas X akuntansi digunakan website SI-AKSA dalam pembelajaran akuntansi dasar sedangkan pada kelas XI digunakan website Pakar Pedia untuk pembelajaran Praktikum perusahaan dagang.
Website pembelajaran SI AKSA dikembangkan oleh Vania Nuraziza dan Viola Putri Arnelyta untuk akuntansi perusahaan jasa sedangkan website Pakar Pedia merupakan website yang dikembangkan oleh Antik Hamidah untuk mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang.
Website pembelajaran ini memiliki berbagai fitur yang bermanfaat diantaranya fitur materi yang dapat diakses oleh siswa sebagai bahan bacaan, fitur tugas atau kuis yang dapat diakses oleh siswa sebagai assesment, fitur video interaktif yang berisikan video pembelajaran dimana pada pertengahan video terdapat kuis yang harus dijawab oleh siswa. Selain itu, terdapat fitur nilai dimana siswa dapat mengakses daftar nilai sehingga siswa dapat melihat apa saja tugas yang belum dikerjakan oleh siswa,
Website pembelajaran akuntansi ini mulai digunakan dalam pembelajaran pada pertengahan Bulan Mei sampai dengan berakhirnya pembelajaran di semester genap. Sebelum penggunaan website di kelas, siswa diperkenalkan terlebih dahulu mengenai fitur-fitur yang ada dan bagaimana cara pengoperasiannya. Saat pembelajaran berlangsung siswa mengakses website untuk mencari media pembelajaran dan mengerjakan tugas. Selain digunakan oleh siswa website ini juga digunakan oleh guru untuk mengupload materi pembelajaran serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Peserta didik menyatakan bahwa mereka terbantu dengan adanya website ini karena bisa melihat materi pembelajaran dimanapun. Peserta didik juga mengungkapkan bahwa jika adanya website ini memudahkan mereka jika mereka tidak masuk pada pertemuan tersebut mereka tetap dapat mengakses materi apa yang dipelajari pada hari itu dan tugas yang diberikan pada pertemuan tersebut. Selain itu, guru akuntansi yakni Ibu Ulmi Rohmaniah mengungkapkan bahwa website ini memudahkan guru dalam mengakses file dalam satu waktu saat pembelajaran berlangsung sehingga guru tidak perlu membuka banyak file.