Mohon tunggu...
Vaniaasdyh
Vaniaasdyh Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

you were born to be love

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

T2.8 Aksi Nyata dari Topik: Konsep Dasar Perspektif Sosio Kultural dalam Pendidikan

6 November 2024   19:20 Diperbarui: 6 November 2024   19:21 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mulai Dari Diri : Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Sebelum memulai proses pembelajaran, hal-hal yang saya pikirkan adalah sosial budaya yang memberi pengaruh pada pendidikan seseorang. Pendekatan pada topik ini menekankan bahwa individu belajar melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya, yakni lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Eksplorasi Konsep : Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada bagian eksplorasi konsep di topik ini adalah status sosial ekonomi (SES) merupakan cara untuk mengelompokkan individu maupun sebuah keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya. Dalam proses pengajaran, perkembangan kognitif dan pencapaian akademik anak dari status SES menengah lebih tinggi jika dibandingkan dengan status SES lebih rendah. Anak dari latar belakang SES rendah sering kali menghadapi tantangan yang lebih besar dalam pendidikan, seperti keterbatasan akses ke bahan belajar, fasilitas pendidikan, dan dukungan orang tua. Perbedaan SES juga memberikan kesimpulan bahwa tanpa bantuan kognitif yang dominan dari keluarga maupun peranan orang dewasa yang lebih mampu, status SES menengah tidak dapat memberikan hasil yang signifikan.

Ruang Kolaborasi : Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi, saya bersama rekan-rekan mengkaji dan menganalisis beberapa sumber yang tersedia pada laman LMS. Yang pertama adalah video yang berisikan bahasan tentang perbandingan antara anak yang hidup di lingkungan kaya dan miskin. Kedua, adalah video tentang fenomena rantai keluarga miskin yang memicu kesenjangan pendapatan. Lalu yang terakhir, adalah jurnal mengenai jurnal yang membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan anak dari keluarga menengah ke bawah. 

Demonstrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal yang saya dapatkan pada demonstrasi kontekstual adalah pengalaman bersama rekan-rekan berdiskusi dan bertukar sudut pandang dalam menganalisis dan memaknai isi dari video dan jurnal. Bagaimana kami saling menyimpulkan dari pendapat-pendapat yang sudah tersampaikan pada kegiatan diskusi ini.

Elaborasi Pemahaman:

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?  

Sejauh ini saya telah mempelajari bahwa peranan orang dewasa, komunitas, dan tatanan sosial berdasarkan status sosio-ekonomi memberikan pengaruh besar dalam tingkah laku manusia. Dalam konteks pendidikan, seorang anak perkembangan kognitif dan pencapaian akademiknya dipengaruhi oleh latar belakang anak tersebut. Sebab interaksi sosial yang terjadi dalam keluarga akan mendapat hasil positif yang terhadap kemampuan intelijen dan pencapaian sekolah ketika seorang ibu memberikan intervensi berupa dorongan dan respon yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun