Mohon tunggu...
Vanessa Claudia
Vanessa Claudia Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Saya Vanessa Claudia, ingin mengembangkan bakat saya dalam menulis. Saya harap tulisan saya dapat berguna bagi banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kemacetan di Indonesia : Masalah yang Terus Berkembang

20 Mei 2024   08:58 Diperbarui: 20 Mei 2024   11:41 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Unsplash.com

Kemacetan di Indonesia telah menjadi masalah yang terus berkembang dan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta, mengalami kemacetan yang parah dan berdampak pada kerugian ekonomi yang signifikan.

Menurut data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kerugian akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta mencapai Rp 65 triliun per tahun. Kerugian ini lebih besar daripada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) kota Jakarta. Selain Jakarta, kota-kota lain seperti Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, dan Makassar juga mengalami kerugian ekonomi yang signifikan, sebesar Rp 12 triliun per tahun.

Kemacetan di Jakarta, yang kini menempati peringkat ke-30 sebagai kota termacet di dunia, disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama adalah peningkatan jumlah penduduk dan kepemilikan kendaraan pribadi. Kondisi ini membuat jalanan di Jakarta sangat padat dan menyebabkan kemacetan yang parah.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang tidak efektif dalam mengatur lalu lintas juga menjadi salah satu penyebab kemacetan. Misalnya, kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Budaya) yang dilakukan secara ketat selama pandemi COVID-19, ketika aktivitas masyarakat berkurang, namun setelah kebijakan tersebut dihapus, kemacetan kembali meningkat.

Untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, beberapa solusi telah diusulkan. Salah satunya adalah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) setiap hari Jumat, yang dapat mengurangi waktu perjalanan selama 44 jam dan emisi karbon 189 kg per tahun. Kebijakan lainnya adalah menerapkan WFH setiap hari Jumat, Rabu, dan Selasa, yang dapat mengurangi waktu perjalanan hingga 136 jam dan emisi karbon sampai 573 kg per tahun.

Dalam upaya mengatasi kemacetan, pemerintah juga telah mengusulkan pembagian jam kerja karyawan untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Namun, hingga kini, usulan tersebut masih dibahas bersama Pemprov DKI Jakarta.

Kemacetan di Indonesia tidak hanya berdampak pada kerugian ekonomi, tapi juga pada kualitas hidup masyarakat. Masyarakat harus menempuh perjalanan lebih lama dan menghabiskan waktu yang lebih banyak di jalanan, yang dapat menyebabkan stres dan kelelahan. Selain itu, kemacetan juga menyebabkan polusi udara yang lebih banyak, yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat.

Dalam rangka mengatasi kemacetan di Indonesia, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mencari solusi yang efektif. Dengan menerapkan kebijakan yang tepat dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan transportasi umum, kemacetan di Indonesia dapat diatasi dan kualitas hidup masyarakat dapat ditingkatkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun