Mohon tunggu...
Valery Desylva
Valery Desylva Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo aku Valery, Hobi ku memasak. Aku suka membuat konten untuk bisnis ku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Hominisasi

2 Oktober 2022   13:12 Diperbarui: 2 Oktober 2022   13:28 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hal yang saya lakukan untuk mengikuti Hominisasi adalah pertama mengerjakan tugas yang diberikan sebelumnya agar dapat kelompok. Tugas Hominisasi yang diberikan semuanya ternyata berkaitan dengan acara Hominisasinya sendiri, ketika saya mengikuti acara Hominisasinya dari awal hingga akhir saya mengertahui kenapa kita diberikan tugas sebelum acaranya. 

Tugas-tugas yang diberikan sebelum Hominisasi memiliki petunjuk untuk kita, bagaimana acara Homnisasi akan berlangsung.

Refleksi pribadi saya terkait setelah mengikuti Hominisasi sendiri adalah, lebih mengertahui informasi-informasi yang sebelumnya saya tidak ketahui. Informasi apa saja yang tidak saya ketahui adalah tentang perayaan hari-hari, dalam 1 bulan saja banyak hal yang dirayakan. 

Lebih bergerak dan berfikir dengan efektif dan efisien, dari membuat dan menampilkan hasil presentasi yang telah dibuat  dengan waktu yang cukup sedikit, tapi diminta unutk memberikan informasi yang jelas serta padat. Bertemu dengan teman baru dari fakultas lain dan bekerjasama agar menampilkan hal yang terbaik. 

Saya jadi lebih menghargai waktu serta pendapat orang lain, dan belajar ilmu baru dari mereka bagaimana agar kita dapat mempresentasikan dengan baik, entah itu dari pemilihan kata atau gesture tubuh yang di sesuaikan.

Manfaat yang saya dapatkan dari geladi Hominisasi adalah, saya belajar untuk mengefisienkan waktu, bertemu dengan orang baru, mengerjakan sesuatu dengan cepat tapi juga harus teliti. Hal lain yang saya dapatkan adalah teman baru, dan informasi informasi yang saya tidak ketahui sebelumnnya. 

Informasi yang saya tidak ketahui adalah, selain merayakan Hari Kesaktian Pancasila, di tanggal sama kita juga merayakan Hari Kopi Sedunia. Saya belajar tentang sejarah kopi yang panjang tapi mengagumkan, mengetahui dibalik alasan kenapa 1 Oktober menjadi hari kopi, dan masalah apa saja yang sedang dihadapi oleh para petani kopi di Indonesia.

Logika serta bahasa tentunya harus berjalan agar dapat terjadi komunikasi antara saya kepada kelompok untuk mencapai satu tujuan yang sama. dengan menerapkan hal logis dan menyampakaikan dengan bahasa yang tepat hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain dapat diterima dengan baik pula.

Hal-hal yang dapat saya terapkan dalam kehidupan berkuliah saya adalah dalam mengefisiensikan waktu, agar waktu dapat digunakan dengan baik dan tak terbuang. 

Belajar untuk memberikan pendapat agar orang lain mengetahui apa yang kita pikirkan juga. Berkenalan kepada semua orang walapun kemungkinan untuk bertemu lagi kecil, dengan memberikan first impression yang bagus sehingga orang lain dapat mengingat kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam tugas pasca Hominisasi ini, saya mau mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Geladi Hominisasi, karena telah berkerja keras agar acara berjalan dengan lancar, maaf bila ada salah kata. Terima Kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun