Mohon tunggu...
Vabian MatthewAnanta
Vabian MatthewAnanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Industri UNPAR 2022

Hobi saya adalah menonton youtube. Konten favorit saya adalah masalah-masalah digital pada saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Homanisasi

24 Oktober 2022   16:51 Diperbarui: 24 Oktober 2022   16:53 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Homanisasi

Geladi Homanisasi adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh LPH (Lembaga Pengembangan Humaniora) UNPAR (Universitas Katolik Parahyangan) sebagai salah satu usaha dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan pada mahasiswa-mahasiswa UNPAR. Kegiatan ini diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa/I UNPAR. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga yaitu Pra Geladi, Geladi, dan Pasca Geladi.

Sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti Geladi Homanisasi. Dalam Pra Geladi, setiap peserta diwajibkan membuat tugas yang beriisikan pertanyaan-pertanyaan dengan tema nasionalitas. Contohnya, setelah mendengar lagi Indonesia Raya dengan 3 stanza, apa bagian yang paling menarik dari isi syair tersebut? Kita juda diarahkan untuk menonton sebuah film documenter dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan film documenter tersebut.

Sebelum hari Geladi, semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok diberikan 1 topik dimana kita harus mencari informasi terkait dengan topik tersebut. Pada hari Geladi, tiap peserta masuk ke dalam link zoom yang diberikan. Ketika semua peserta sudah masuk, acara diawali dengan kata sambutan dari ketua dan juga pengurus-pengurus LPH UNPAR. Pada saat ini, kita diberikan penjelasan tentang nilai-nilai SINDU, kemanusiaan, nasionalitas, dll. Setelah itu semua, tiap peserta diarahkan ke dalam breakout zoom yang telah ditentukan. Dalam breakout room ini, tiap kelompok yang telah ditentukan harus membuat sebuah presentasi tentang topik yang telah diberikan. Kelompok saya mendapatkan topik Hari Museum Nasional. Kelompok saya memilih untuk menggunakan drama dalam presentasi kami. Setelah selesai membuat presentasi, tiap kelompok diarahkan Kembali ke main room untuk beristirahat. Setelah beristirahat, tiap kelompokm diarahkan kembali ke breakout room tetapi dengan kelompok lain. Dalam 1 breakout room ada 4-5 kelompok. Dalam breakout room ini kita menampilkan presentasi kita di depan mentor dan juga kelompok lain. Ketika kelompok saya dipanggil, kami pun menampilkan presentasi kami sebaik mungkin. Setelah semua kelompok selesai menampilkan presentasinya, para mentor akan memilih 1 kelompok sebagai perwakilan breakout room masing-masing. Walaupun tidak dipilih sebagai perwakilan, kelompok saya tidak menyesal karena kami sudah berusaha sebisa mugkin. Setelah itu,, tiap kelompok kembali lagi ke main room dan para perwakilan menampilkan presentasi sekali lagi didepan seluruh peserta. Setelah itu diadakan voting dalam memilih siapa kelompok dengan presentasi terbaik. Setelah ini, acara pun selesai.

Setelah mengikuti Geladi Homanisasi, tiap peserta masih harus mengerjakan tugas pasca geladi. Tiap peserta bisa memilih antara membuat video atau membuat narasi tentang acara geladi.

Banyak nilai-nilai yang saya dapat dari mengikuti Geladi Homanisasi. Dari kerja sama, tanggung jawab, rasa cinta negara dll. Menurut saya, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dalam mengingatkan pada mahasiswa-mahasiswa UNPAR nilai-nilai kemanusiaan yang baik dan benar. Semoga saya bisa menggunakan nilai-nilai baru yang saya dapat dari geladi ini dalam menjalankan perkuliahan saya di UNPAR.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun