GOOD ETHICS, GOOD BUSINESS
Etika secara umum didefinisikan sebagai seperangkat standar sosial yang mencakup norma-norma komunitas. Norma-norma ini bukan genetik, dan harus dipelajari. Pada dasarnya ini adalah nilai-nilai moral, tetapi sebagian besar sisanya diperoleh dari pengalaman, orang tua, dan pendidikan formal.
Etika yang baik membuat perusahaan terlihat baik. Perusahaan mendapat untung dari reputasi jika bertindak dengan kejujuran dan integritas. Memiliki kode etik membantu perusahaan mempertahankan standar perilaku didalam perusahaan nya. Kerangka kerja etis yang baik dapat membantu membimbing perusahaan melalui masa-masa stres yang meningkat, seperti pertumbuhan yang cepat atau perubahan organisasi, dan mengurangi kerentanan perusahaan untuk melakukan pelanggaran. Memastikan adanya praktik etis di tempat kerja, seperti adanya kebijakan personalia dan juga Public Relation yang baik.
Apa yang bisa membuat etika bisnis menjadi bagus? Contohnya sebagai berikut :
- Perlakukan karyawan dengan baik dengan cara membayar gaji secara adil, bertindak cepat untuk mengakhiri segala jenis pelecehan, dan menunjukkan rasa adil yang sama terhadap semua karyawan . Imbalan: motivasi dan produktivitas karyawan tinggi.
- Jujur dalam semua urusan bisnis. Membayar pemasok sesuai jumlah yang disepakati dan tepat waktu, bersikap adil dengan pelanggan, dan tidak membuat rendah kualitas demi keuntungan semata. Imbalan: Reputasi perusahaan yang baik dimata pemasok maupun pelanggan.
- Bertanggung jawab secara sosial. Jangan mencemari lingkungan (daur ulang jika memungkinkan), memberikan kepada komunitas melalui penggalangan dana atau hal lain. Imbalan: meningkatkan reputasi perusahaan sebagai kekuatan positif di masyarakat karna peduli akan sosial
- Cadangkan produk dan layanan. Berikan apa yang di janjikan pada kontrak layanan perusahaan. Contoh: Perusahaan atap tidak akan menerima pembayaran penggantian atap atau perbaikan sampai setelah hujan membuktikan atap tidak bocor. Imbalan: Ulangi hal itu didalam bisnis . Karena pelanggan bisa mempercayai perusahaan bahwa perusahaan tersebut tidak menipu mereka, dan pelanggan ini akan merekomendasikan perusahaan tersebut ke kerabat sekitar.
Praktek bisnis etis termasuk memastikan bahwa standar hukum dan moral tertinggi diamati dalam hubungan dengan kelompok pemangku kepentingan. Ini termasuk pelanggan, pemasok, investor dan kreditor dan, yang terutama, karyawan. Ini adalah kelompok yang dipengaruhi oleh keputusan di tempat kerja. Standar etika harus diarahkan pada perilaku yang dapat diterima dalam semua transaksi dengan pihak-pihak ini. Perilaku etis juga menuntut kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Reputasi untuk perilaku etis membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingan yang bergantung pada itikad baik organisasi dan komitmen untuk bertindak dengan benar dalam semua transaksi. Butuh waktu lama untuk membangun reputasi untuk kepercayaan tetapi tidak terlalu lama untuk meruntuhkannya. Salah satu contoh memperlakukan orang lain secara tidak etis mempertanyakan motif dan komitmen terhadap perilaku etis. Dalam hubungan bisnis, para pemangku kepentingan umumnya tidak terlalu pemaaf ketika seorang manajer melangkah melintasi garis membagi perilaku etis dan tidak etis.
Tiga hal menonjol di perusahaan yang menumbuhkan budaya etis: akuntabilitas, keadilan, dan kepercayaan berbasis motif.
- Memiliki akuntabilitas berarti bahwa organisasi menetapkan harapan etisnya di depan. Nilai-nilai perusahaan jelas bagi setiap individu yang bekerja untuknya. Setiap orang diharapkan untuk tetap setia pada nilai-nilai ini dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.
- Keadilan adalah persepsi mayoritas bahwa kebijakan yang berlaku di dalam organisasi adalah wajar dan tidak memihak. Karyawan juga harus melihat keadilan dalam praktik sehari-hari perusahaan. Mereka harus melihat diri mereka sendiri dan pekerjaan yang menerima perlakuan adil dalam semua aspek mulai dari pembayaran hingga promosi.
- Kepercayaan berbasis motif berkaitan dengan cara karyawan menilai karakter orang yang bekerja dengan mereka di dalam perusahaan. Masing-masing harus dapat memiliki tingkat kepercayaan tertentu terhadap yang lain agar mereka dapat berhasil dalam tugas-tugas mereka karena ini biasanya membutuhkan kerja tim.
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) adalah jenis peraturan bisnis yang bertujuan untuk berkontribusi pada tujuan sosial yang bersifat filantropis, aktivis, atau amal dengan melibatkan atau mendukung praktik sukarela atau yang berorientasi etis. CSR bukan cara perusahaan mendistribusikan laba, tetapi cara perusahaan menciptakan nilai.
Pyramid of CSR yaitu :
Pendekatan CSR ada 4 yaitu :
- Ad-Hoc yaitu Pendekatan CSR yang tidak ada hubungan dengan visi misi perusahaan. Contoh : McDonalds memberikan donasi kepada masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan. Didalam konteks ini menjelaskan bahwa visi misi McDonalds tidak sejalan dengan program CSR nya tapi program ini baik juga untuk membuat reputasi McDonalds baik dimata masyarakat.
- Partial yaitu pendekatan CSR yang sebagian. Yaitu sebagian berhubungan dengan visi misi perusahaan dan sebagiannya lagi tidak berhubungan.
- Systematic yaitu perusahaan berorientasi untuk membangun / melatih kemampuan masyarakat untuk memiliki keahlian atau siap bekerja dan bersaing melalui program CSR yang dilakukan perusahaan. Contoh : Bank BCA mengadakan program Bakti BCA.
- Integrated yaitu CSR yang terintegrasi dalam berbagai aspek bisnis dengan menekankan sistem manajemen dan tata kelola perusahaan yang mendukung penerapan strategi CSR yang memadai dan koheren. Contoh : produsen obat-obatan PT Kimia Farma membantu memproduksi obat dan menyalurkan ke korban bencana
Pendekatan CSR yang terbaik adalah Integrated karena bersifat strategik yaitu ada implikasi terhadap perusahaan dan berhubungan dengan visi dan misi perusahaan tersebut.