Mohon tunggu...
UVI Training Center
UVI Training Center Mohon Tunggu... -

http://uvi.co.id sebuah lembaga pengembangan sumber daya manusia yang terbentuk untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti training, seminar, workshop, outbond, gathering, dan event-event lainnya. UVI Consultant sudah berjalan selama dua tahun sebelum akhirnya berstatus badan hukum beradasarkan akta notaris Irma Fauziah, SH No. 159 Tanggal 19 Febuari 2013.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Rumah Sakit

13 September 2017   11:25 Diperbarui: 13 September 2017   11:44 1492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berjamurnya fasilitas pelayanan kesehatan baik milik pemerintah ataupun swasta merupakan salah satu dampak dari meningkatnya kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Saat ini salah satu unit pelayanan kesehatan seperti rumah sakit berada dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Di dunia kesehatan pun sarat dengan hal bisnis sebab pengobatan dan pelayanan kesehatan saat ini bisa dikatakan harganya melangit. Dikarenakan banyaknya rumah sakit yang bersaing dalam pemberian pelayanan terbaik, membuat pasien harus diberikan pelayanan bersaing agar para pasien tersebut tidak lari dan memilih rumah sakit lain.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, di era keterbukaan informasi ini membuat pasien menjadi lebih kritis dalam memilih pelayanan terbaik serta menjadi lebih berani untuk mengungkapkan kritik maupun saran melalui media sosial. Melihat kondisi tersebut agar dapat bersaing dan bertahan di tengah persaingan bisnis rumah sakit yang ketat maka rumah sakit tersebut harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas pula agar pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat optimal. 

Salah satu aspek penunjang terpenting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkompeten tersebut adalah adanya kemauan dari SDM rumah sakit tersebut untuk maju dan berkembang. Oleh karenanya paradigma dan sikap mental yang berorientasi melayani, serta pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni  dalam melaksanakan pelayanan yang prima merupakan hal yang sangat diperlukan dalam mewujudkan SDM handal tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersbut adalah dengan memberikan pelatihan bagi para pegawai di rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan SDM. UVI Consultant seringkali mengadakan pelatihan di bidang pelayanan kesehatan di rumah sakit sebagai wujud kepekaan terhadap permasalahan usaha di bidang kesehatan. Materi khusus dalam pelatihan tersebut yaitu penyampaian tentang definisi dan cakupan pelayanan rumah sakit,  definisi, jenis dan karakteristik pelanggan, standar pelayanan prima, penampilan, menyambut pelanggan, berkomunikasi dengan pelanggan, 5 Dimensi Kualitas Pelayanan, Tiga Pilar Pelayanan, Strategi penanganan Keluhan Pelanggan, Strategi pengukuran Kepuasan Pelanggan.

Pelatihan ini dapat diikuti oleh Direksi Rumah Sakit, Manajer dan Supervisor, Customer Service, Dokter dan Paramedis, Karyawan Rumah Sakit dan posisi lainnya yang membutuhkan peningkatan potensi SDM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun