Mohon tunggu...
Uunjii Lahh123
Uunjii Lahh123 Mohon Tunggu... Mahasiswa - MENAJEMEN BISNIS syariah

Hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dasar-Dasar Pemasaran

21 Maret 2024   19:47 Diperbarui: 22 Maret 2024   09:31 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. PENTINGNYA PEMASARAN

Pemasaran sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan pelanggan, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan produk dan layanan mereka. Ini juga membantu dalam memahami pasar dan pesaing, serta menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pemasaran juga adalah salah satu elemen kunci dalam strategi bisnis karena membantu perusahaan mencapai tujuan seperti memperluas pangsa pasar, membangun kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan menjaga kepuasan pelanggan. Tanpa pemasaran yang efektif perusahaan mungkin kesulitan untuk bersaing dan tumbuh di pasar yang kompetitif

2. RUANG LINGKUP PEMASARAN

Ruang lingkup pemasaran meliputi berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan, menjual, mendistribusikan, produk atau layanan mereka kepada pelanggan. Ini termasuk penelitian pasar perencanaan strategi pemasaran. Pengembangan produk penetapan harga promosi distribusi dan manajemen hubungan pelanggan selain itu pemasaran juga melibatkan analisis pesaing identifikasi peluang pasar dan pemahaman perilaku konsumen untuk mencapai tujuan bisnis jadi ruang lingkup pemasaran mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam memperkenalkan, memasarkan, dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan ini meliputi penelitian dasar, perkembangan produk, penetapan harga, promos dan promosi rumus, promosi distribusi, manajemen merek, serta analisis dan manajemen hubungan pelanggan.


3. KONSEP-KONSEP DASAR DALAM PEMASARAN

*Orientasi pasar

Yaitu fokus kepada pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan

*Nilai pelanggan

Ya itu menciptakan nilai bagi pelanggan dengan produk atau layanan

*Orientasi produk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun