Pada observasi awal banyak siswa yang sangat kurang memahami tentang mata diklat Satatika Bangunan, sehingga nilai yang dihasilkan rendah. Sehingga untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan metode langsungdengan penilainan portofolio
Model pembelajaran langsung merupakan suatu model  pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah (Gusti: 38). Model pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio siswa dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, pada sub kompetensi menyusun dan menguraikan gaya, serta menghitung resultante dan momen gaya.
Penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio siswa termasuk dalam kategori baik 4., hasil belajar siswa dengan rerata 75. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa seluruh siswa dapat dikatagorikan sangat aktif 80 persen. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kriteria pencapaian penelitian telah tercapai, sehingga peneliti dan guru mitra memutuskan bahwa model pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H