Mohon tunggu...
Uun Arofah
Uun Arofah Mohon Tunggu... Guru - Guru

sebagai seoarang guru banyak penalaman yang ingin saya tuangkan dalam bentuk tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Pembelajaran Langsung Menggunakan Penilaian Portofolio pada Statika Bangunan

26 Januari 2024   06:27 Diperbarui: 26 Januari 2024   06:31 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada observasi awal banyak siswa yang sangat kurang memahami tentang mata diklat Satatika Bangunan, sehingga nilai yang dihasilkan rendah. Sehingga untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan metode langsungdengan penilainan portofolio

Model pembelajaran langsung merupakan suatu model  pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah (Gusti: 38). Model pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio siswa dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, pada sub kompetensi menyusun dan menguraikan gaya, serta menghitung resultante dan momen gaya.

Penelitian Tindakan Kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam pembelajaran, kemampuan guru mengelola pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio siswa termasuk dalam kategori baik 4., hasil belajar siswa dengan rerata 75. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa seluruh siswa dapat dikatagorikan sangat aktif 80 persen. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa kriteria pencapaian penelitian telah tercapai, sehingga peneliti dan guru mitra memutuskan bahwa model pembelajaran langsung dengan penilaian portofolio telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun