Mohon tunggu...
Utha Alamsyah
Utha Alamsyah Mohon Tunggu... -

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS HALU OLEO

Selanjutnya

Tutup

Money

Dari Hobi Jadi Usaha

8 September 2014   06:13 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:20 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Kisah ini dimulai seminggu sebelum lebaran lalu, saat bingung melanda hati gundahgulana menunggu ide untuk memulai sebuah usaha tiba-tiba saja terbersit kenapa tidak menjadikan hobi sebagai penghasil uang hehehehe

Mulai dari situ kebetulan saya yang seorang ikan holic hehehe,,, ingin membuat usaha pembudidayaan ikan lele di kolam terpal dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang ikan dan refrensi dari internet saya mencoba membuat dua buah kolam terpal untuk ikan lele tapi, setelah membuatnya saya malah menemui kendala dimana saya harus mencari bibit lele ini karena untuk pembudidaya lele di kota saya kota kendari masih tergolong sangat sedikit, tetapi Alhamdulillah setelah pusing tujuh keliling akhirnya muncullah pertolongan dari seorang teman yang kebetulan juga sedang membudidaya ikan lele, dengan berbekal informasi inilah akhirnya saya bisa dapatkan bibit lele yang selama ini dicari hehehe....

Waktu berganti detik kemenit, menit ke jam, jam kehari, hari ke minggu akhirnya usaha ini bisa berjalan lancar tetapi suatu hari kembali datang masalah yang lain tiba2 saja ikan lele saya banyak yang mati sekitar 30-an ekor lah, saya bertanya2 ternyata terkena penyakit waduh bikin pusing lagi huuuhhhh.....

Untung saja ada lagi pertolongan teman yang menyarankan perawatan air kolam dengan menggunakan garam nah akhirnya saya mulai menguras kolam, mengganti air dan menaburkan garam dengan harapan penyakitnya segera sembuh. Setelah tiga hari melakukan penaburan garam di kolam akhirnya ikan lele saya kembali bergerak aktif dan agresif seperti sedia kala, yah syukur lah Alhamdulillah,,,,,
waktu terus berjalan ternyata masalah tak berhenti sampai di situ, tiba tiba muncul masalah baru ikan lele saya saling makan satu sama lain kayak kanibal ngeri kuneee,,,, pusing lagi saya,

Nah lagi-lagi info dari seorang teman yang juga pembudidaya lele di Tasikmalaya sebut saja Bunga, memberikan titik cerah untuk saya, menyarankan untuk melakukan sortir atau pengelompokkan ikan pada satu kolam berdasarkan ukurannya. Wah,,, benar juga yah kalo sama2 besarkan tidak bisa saling makan hehehe.....

Sampai sekarang syukurlah belum ada lagi masalah berarti yang datang menerpa dan semua lele sehat harapan saya sih bulan oktober nanti sudah bisa panen hitung2 nambah biaya praktikum kebetulan saya masih terdaftar sebagai seorang mahasiswa di salah satu Universitas Negeri di kota Kendari hehehehe....


semoga saja kisah saya ini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman, walaupun banyak masalah yang datang tapi tetap optimis dan yakin pasti akan ada jalan keluar yang terbaik, jangan pernah takut mengerjakan sesuatu yang baik karena kita tidak akan tau akhirnya apabila tidak di coba dulu,

kerja akan menghasilkan sesuatu tetapi jika Cuma omdo maka tidak akan menghasilkan apa-apa......

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun