Mohon tunggu...
Uswatun hasanah
Uswatun hasanah Mohon Tunggu... Akuntan - Tugas kuliah

Belajarlah untuk masa depan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perusahaan e-Commerce Blibli.Com

9 Desember 2023   12:58 Diperbarui: 9 Desember 2023   13:39 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Blibli merupakan produk andalan PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital. Blibli didirikan oleh lima pendiri yaitu Kusumo Martanto, Martin Hartono, Lisa Widodo, Hendry, dan Lay Ridwan Gautama.

Blibli yang didirikan pada tahun 2011 merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C dan B2B2C (Business to Business to Consumer).

Blibli for Business merupakan solusi e-commerce B2B dari Blibli untuk memfasilitasi pelanggan korporat Blibli mendapatkan pengalaman pengadaan personal business to business melalui sistem pengadaan digital.

Blibli Mitra merupakan aplikasi khusus untuk mendukung berbagai usaha kecil menengah seperti toko kelontong, warung makan dan kios kecantikan sehingga dapat menambah pendapatan melalui layanan isi ulang dan pembayaran tagihan, serta membantu pemesanan stok barang melalui fitur Stock Fill

Biaya Perkembangan Blibli.com

Blibli berkolaborasi dengan penyedia layanan teknologi, mitra logistik, perbankan, dan mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat, dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan mencapai hampir Rp 100 miliar.

Implementasi REA (Resources, Events, Agents) di Blibli.com:
1.Research:
-Sumber Daya Berwujud: Blibli.com mengelola beragam sumber daya berwujud, termasuk inventaris produk yang luas yang tersedia di platform e-commerce dan aset fisik seperti gudang dan kendaraan pengiriman.
-Sumber Daya Tak Berwujud: Sumber daya tak berwujud mencakup merek Blibli.com, situs web, dan teknologi digital yang mendukung pengalaman belanja online.
2. Event:
-Pembelian Online: Peristiwa utama adalah transaksi pembelian online, tempat pelanggan menelusuri, memilih, dan membeli produk. Hal ini memicu pembaruan pada inventaris, pendapatan, dan akun pelanggan. -Pemenuhan Pesanan: Peristiwa yang terkait dengan pemenuhan pesanan melibatkan persiapan dan pengiriman produk, koordinasi dengan mitra logistik, dan pelacakan proses pengiriman.
 -Interaksi Pelanggan: Peristiwa yang terkait dengan interaksi pelanggan, seperti ulasan, penilaian, dan pertanyaan, berkontribusi dalam membangun hubungan dan kepercayaan dengan pelanggan.
3. Agent:
-Pelanggan: Pelanggan bertindak sebagai agen utama, berpartisipasi dalam acara pembelian online, memberikan masukan, dan memengaruhi permintaan produk tertentu.
Vendor/Pemasok: Pemasok adalah agen yang terlibat dalam pengadaan produk dan memastikan pengiriman tepat waktu ke gudang Blibli.com.
Mitra Logistik: Agen yang terlibat dalam pengiriman dan pengangkutan produk ke pelanggan, yang berdampak pada pemenuhan pesanan.

Kelebihan dari Blibli.com
#Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
#Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
#Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar -- benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
#Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
#Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
#Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.

Kekurangan Blibli.com
#Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
#Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
#Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering -- sering mengecek kabar terbarunya.
#Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun