Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga tahun 2016 telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia.Dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun. Sedangkan untuk pengguna facebook, Indonesia di peringkat ke-4 besar dunia. Demam Facebook diawali sekitar tahun 2009 beragam fitur dan aplikasi bisa dimanfaatkan disana.
Kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat bagi saya menangkap hal ini sebagai perkembangan yang positif. Karena dengan menggunakan jejaring sosial para penggunanya bisa membentuk suatu komunitas dengan profesi yang sama dan minat yang sama berdiskusi dengan suatu topik secara interaktif sehingga menjadi sarana untuk menambah manfaat dan pengetahuan
Dapat info dari facebook online, dua tahun lalu Saya Begabung dengan sebuah komunitas sales Indonesia dan (KOMISI) yang didirikan oleh Pak Dedy Budiman, MPd. Pada tanggal 11.11.2011 adalah berawal dari sebuah keresahan Dedy Budiman terhadap profesi sales di indonesia sebagai profesi yang marginal atau terpinggirkan, para pelaku salesman cenderung malu untuk mengakui profesinya sebagai salesman. Dengan berdirinya KOMISI lima tahun lalu profesi salesman diharapkan kedepannya di indonesia menjadi profesi yang diperhitungkan dan dibanggakan seperti profesi lainnya.
Terinspirasi dari pak Dedy Budiman dengan mendirikan KOMISI, awal tahun 2015 saya menangkap sebuah peluang dari sebuah account jejaring sosial facebook dengan nama POFI (Persatuan Operator Forklift Indonesia) yang saat itu anggotanya sekitar 300 orang, kini anggotanya sekitar 2800 dan masih bertambah setiap hari seiring dengan event –event kopdar yang sering dilaksanakan.
Sebagai praktisi salesman alat berat forklift saya menggagas kopdar pertama kali dengan mengadakan training gratis tentang pengetahuan forklift. Hal ini bertujuan untuk lebih memahamkan tentang fungsi dan kegunaan forklift serta keselamatan dalam pengoperasian forklift. Karena dari diskusi-diskusi di jejaring facebook ternyata kawan kawan operator forklift banyak yang tidak paham sepenuhnya tentang forklift walaupun sudah puluhan tahun bekerja sebagai operator forklift. Alhasil saat ini terasa manfaat dan barokahnya selain menaikan branding sebagai salesman & praktisi forklift saya juga di HIRE oleh perusahaan PJK3 sebagai trainer safety forklift.
Bagi sebagian orang, komunitas hanya untuk senang-senang dan berkumpul bahkan (maaf) ada juga yang menggangu ketertiban umum berbuat anarkis dan tanpa ada tujuan yang jelas, jejaring sosial facebook hanya untuk ajang bernarsis ria, update status terkesan alay dan baper. Upload photo dari arah kiri atas sambil mulut sedikit dimoyongkan, curhat, sedang marah sama pacar, sama istri atau suami, marahan dengan tetangga, bahkan mungkin kalau tidak malu sedang “MODOL” (baca : BAB) pengennya diupload juga di jejaring sosial dari hal-hal yang umum sampai bersifat pribadi. Dahulu kalau kita pengen masuk syurga maka harus rajin sholat dan mengaji, sekarang ada tawaran di facebook cukup klik LIKE maka akan masuk syurga....hadeuuuuhhhh
Mengikuti perubahan ya..memang harus karena kalau anda tidak mengikuti perubahan anda akan segera punah seperti Dinosaurus, Tapi mari kita bijak menggunakan jejaring sosial karena :
“DARI STATUS ANDA ORANG MENILAI ANDA”
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H