Mohon tunggu...
Usman Maulana
Usman Maulana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mata pancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

UAS Pendidikan Agama Islam UDB Surakarta

15 Januari 2024   20:20 Diperbarui: 15 Januari 2024   20:21 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama         : Usman Maulana

NIM            : 230101138

Prodi          : Sistem Imformasi

Semester : 1

1. Uraikan secara singkat pengalaman kehidupan keagamaan anda yang sesuai dengan materi pendidikan agama Islam ibadah, muamalah dan pengembangan kehidupan sosial masyarakat 150 kata?

Pengalaman saya dalam menjalani kehidupan keagamaan, saya selalu berusaha untuk menjalan kan perintah perintah Allah SWT contohnya ibadah seperti sholat, berpuasa, membaca Al-Qur'an, dan juga menunaikan zakat. Tetapi tentunya masih banyak kekurangan dari setiap perintahnya (Allah SWT) yan saya lakukan , karena saya juga manusia bisa, saya tidak bisa melaksanakan setiap perintahnya dengan baik dan benar, jadi saya masih harus banyak belajar agar dapat melaksanakan setiap perintahnya dengan baik dan benar. saya juga berusaha agar bisa menjahui setiap larangan- larangannya.

Saya juga selalu berusaha untuk menerapkan muamalah dalam kehidupan sehari-hari. karena kita kan hidup itu secara sosial jadi saya selalu berusaha untuk bersikap jujur, karena kejujuran sangan pentik untuk hidup ber sosial, selain jujur saya juga berusaha untuk memiliki sifat amanah dan juga adil karena hal ini sangat penting untuk kehidupan sehari-hari

saya juga juga selalu berusaha untuk mengembangkan kehidupan sosial masyarakat, ini berkaitan denan apa yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa kita hidup secara sosial, jadi saya harus berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain tetapi bukan dimanfaatkan yaaa. maksudnya dari bisa bermanfaat bagi orang lain adalah siap membantu saat dibutuhkan saling talong menolong, menjaga kerukunan agar tidak terjadi konflik, dan juga menjaga kedamaian antar umat beragama.

2. Apa kritik anda terhadap praktik keagamaan anda dan masyarakat muslim selama ini dalam kehidupan sosial, ekonomi, kesehatan, politik, hukum, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan? Bagaimana solusi yang bisa anda tawarkan sebagai mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta?

Dalam praktek keagamaan dan masyarakat muslim mungkin terdapat ketidak sesuaian antara nilai-nilai islam dan praktek sehari-hari dalam aspek sosial, ekonomi, kesehatan, politik, hukum, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. Solusinya mungkin melibatkan pendekatan pendidikan, reformasi sosial, dan pertisipasi dalam perubahan positif.

3. Apa yang anda ketahui tentang ekonomi islam dan bagaimana peran dalam kesejahteraan umat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun