Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Peg BUMN - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Book

Menerbitkan Buku Gratis di Guepedia

8 Juli 2022   06:01 Diperbarui: 8 Juli 2022   06:25 1016
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
cover buku 3 Dosa/dokpri

Kemarin saya menulis pengalaman menerbitkan buku di penerbit EDWrite Publishing. Walaupun naskah yang saya tulis lolos dari seleksi saat penerbit mengadakan Challenge menulis dan layak untuk diterbitkan, tetap saja saya harus keluar dana untuk biaya penerbitan. Tidak besar memang, tidak sebesar kalau kita menerbitkan buku di penerbit indie.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman menerbitkan buku di penerbit Guepedia. Boleh dikata saya tidak sengaja menerbitkan buku kali ini.

Saya seringnya menulis artikel-artikel non-fiksi. Hanya sekali-kali menulis cerpen (cerita pendek) sebagai selingan, atau saat ingin menuliskan sebuah isu dalam bentuk fiksi. Takterasa saya sudah menulis 14 cerpen.

Semula saya tidak berminat menerbitkan cerpen-cerpen saya itu menjadi buku kumpulan cerpen. Selain karena cerpen-cerpen itu sebagiannya sudah saya posting di media social dan di blog pribadi saya, juga karena saya tidak punya dana untuk menerbitkan sendiri.

Lalu seorang teman memberitahu saya bahwa ada penerbit yang menerima naskah dan menerbitkannya tanpa memungut biaya serupiah pun. Tentu saja terlebih dahulu dilakukan penilaian oleh pihak penerbit, layak terbit atau tidak. Teman saya itu memberi tahukan nama penerbit itu adalah Guepedia.

Saya kemudian membuka website Guepedia (guepediacom), mencari tahu apa saja persyaratan yang diminta untuk menerbitkan naskah.

Keempat belas cerpen tersebut kemudian saya satukan menjadi 1 file. Saya buat judul sendiri, lalu saya edit sendiri. Setelah merasa telah rapih, saya kirimkan file kumpulan cerpen tersebut ke penerbit Guepedia melalui websitenya.

Beberapa hari kemudian saya mendapat informasi dari pihak penerbit melalui email, bahwa naskah saya lolos seleksi untuk diterbitkan. Alhamdulillah ... tentu saja saya bersyukur, dan senang, tanpa keluar biaya serupiah pun saya bisa menerbitkan buku, bahkan saya mendapat royalty dari setiap buku yang terjual.

Senangnya lagi, pihak penerbit, Guepedia, sendiri yang melakukan penjualan. Guepedia menjual buku saya dan buku-buku yang diterbitkannya melalui marketplace. Jadi, bila Anda ingin membaca kumpulan cerpen say aini, cari saja di sh**e atau di tok*ia dengan judul 3 Dosa.

Demikian pengalaman saya menerbitkan buku tanpa biaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun