Mohon tunggu...
Unggul Pambudi Putra
Unggul Pambudi Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa, Munsyid, Author, Entrepreneru, Designer -

GNOTHI SEAUTON Mulailah memahami dan merubah dunia sedikit demi sedikit dengan memperbaiki kekurangan terkecil kita #author #munsyid #entrepreneur #designer #psychoanalist

Selanjutnya

Tutup

Money

Lokasi Usaha Menentukan Prestasi Usaha

16 Juni 2016   00:31 Diperbarui: 16 Juni 2016   01:25 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Usaha yang Kita geluti tingkat keberhasilannya secara signifikan dipengaruhi oleh lokasi yang Kita pilih. Ini penting karena unsur utama interaksi antara Kita dengan konsumen kita tidak akan terjadi apabila Kita tidak memunculkan kontak sosial. Semaju apapun zaman dan teknologi, walaupun hampir segalanya bisa diraih dengan dunia maya namun kepuasan bertemu secara fisik dan akses terhadap layanan kita secara tatap muka menjadi penentu penting kredibilitas dari konsumen terhadap usaha Kita.

Lokasi baru bisa meningkatkan prestasi usaha ketika lokasi tersebut tidak hanya membuat kontak dengan konsumen menjadi lebih mudah, Ia juga menyediakan berbagai kemudahan lainnya bagi usaha yang Kita lakukan. Semisal mampu menyimpan barang produksi Kita. Ini penting untuk dilakukan oleh perusahaan yang memang pekerjaan utamanya menjual produk secara fisik. Atau misal tempat usaha tersebut harus bisa menyimpang barang yang dititipkan oleh konsumen kepada kita, ini terjadi semisal kita melakukan usaha bengkel atau servis elektronik. Pastinya memiliki tempat usaha dan memahami cara memilih dengan tepat menjadi penentu dasar prestasi dari sebuah usaha. Sehingga tidak bisa dianggap serius seorang pemilik usaha yang tidak memiliki tempat usaha yang mendukung tumbuh kembangnya usaha yang ditekuninya.

Kontak dengan Konsumen

Memilih tempat usaha yang tepat akan membantu Kita membangun relasi dengan konsumen. Pastikan kontak terbangun dengan baik sesuai dengan karakteristik usaha yang Kita jalani. Semisal Kita melakukan usaha cafe maka usahakan memilih tempat yang akses parkirnya bagus dan terhindar dari kebisingan jalan utama. Atau semisal usaha Kita adalah makanan cepat saji, maka usahakan letak Kita di dekat jalan utama agar mudah melakukan kontak dengan konsumen yang melakukan pembelian secara “drvie-thru”.

Kontak dengan Pengusaha Lain

Semisal Anda memiliki usaha “Fried Chicken” dan Anda ditawari sewa tempat usaha yang murah dekat dengan sekolah, dekat dengan perkantoran, dekat dengan perumahan. Akan tetapi Anda berada di tengah-tengah toko bangunan, bengkel, dan di sebelah pangkalan armada septictank. Pertanyaan saya adalah lantas apakah Anda akan mengambil tempat tersebut? Jawabannya saya yakin Anda pasti sudah memahami bahwa adalah resiko yang besar mempertaruhkan kenyamanan konsumen Kita untuk menyantap hidangan Kita di tempat yang demikian. Perlu dipahami bahwa antar pengusaha di suatu tempat usaha bisa menghasilkan tiga jenis interaksi, yakni saling merugikan, merugikan diri Kita sendiri, dan saling menguntungkan.

Saling merugikan, antara satu usaha akan saling merugikan ketika mereka memiliki usaha yang sama dengan produk yang hampir identik dan konsumen yang target pasarnya sama. Ini terjadi semisal bila kita berjualan “Fried Chicken” sementara di samping kiri-kanan Kita juga menjual hal serupa dengan nama merk atau franchise yang berbeda. Ini memang bagus bagi konsumen karena membantu mereka dalam mendapatkan referensi produk yang akan mereka pilih. Namun relasi Kita dengan pengusaha yang lain tidak akan terlalu bagus dan akan merugikan satu sama lain karena konsumen sulit menjadi pelanggan tetap disebabkan tidak terfokus pada produk Kita saja.

Merugikan diri Kita sendiri, pada jenis ini sudah diterangkan di atas bahwa usaha yang dilakukan dengan memilih tempat usaha yang justru menurunkan nilai jual dari produk Kita adalah kesalahan yang teramat fatal. Bila pada contoh di atas terdapat usaha “Fried Chicken” yang di sebelahnya terdapat toko bangunan dan pangkalan armada septictank. Bayangkan pembeli saja sudah cemas bila ayam yang dimakannya tekontaminasi berbagai zat kimia dari toko bangunan seperti cat, apalagi kalau terkontaminasi dengan zat kimia dari pangkalan armada septictank. Bisa dipastikan usaha Anda akan sepi pembeli.

Saling menguntungkan, Bila Anda berjulan “Fried Chicken” maka berjualan lah di tempat berjualan yang toko-toko atau pengusaha di sekitarnya bisa meningkatkan keinginan pelanggannya untuk membeli “Fried Chicken”. Semisal Anda berjualan di sekitar tempat futsal atau di sekitar tempat gym, maka Anda pasti akan kebanjiran pengunjung karena ada kemungkinan mereka menginginkan makan setelah mereka kecapekan berolahraga. Pastinya orang-orang akan berbondong-bondong membeli “Fried Chicken” Anda bila Anda bisa memilih tempat lokasi yang dapat membangun relasi yang bagus dan menguntungkan dengan usaha Anda.

Pastikan tarif tidak mengkhianati keuntungan

Tempat usaha yang ideal adalah tempat usaha yang mampu memenuhi kontak dengan pembeil maupun kontak antar pemilik usaha dengan baik. Ini dilakukan sambil mempertimbangkan kemampuan sebagai pemilik usaha dalam menyediakan temapt usaha. Bukan masalah tempat usaha Kita di kampung ataupun di mall, asalkan kontak dan komunikasi yang Kita jalin dengan pembeli dan antar pengusaha lain berjalan lancar maka prestasi akan kita raih seiring dengan lokasi yang Kita dapatkan. Bahkan, tidak perlu repot-repot menyewa lokasi usaha di apartemen ataupun di gedung pusat perbelanjaan bila ternyata dagangan yang lapaknya Kita buka di depan rumah sudah laris manis dan mampu berinteraksi dengan baik dengan pengusaha-pengusaha lain di sekitar usaha Kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun