Setiap bulan, marketplace selalu mengadakan event tanggal kembar atau Double Date Campaign, yang merupakan event penjualan terbaik untuk semua online seller dalam meningkatkan pendapatan dan penjualan mereka. Event 2.2 juga akan datang sebentar lagi, dan tentunya banyak customer yang sudah bersiap-siap untuk membeli produk diskon dari berbagai toko di marketplace. Oleh karena itu, penting bagi seller untuk memastikan bahwa toko mereka siap dalam melayani beragam pesanan dari customer.
Yuk kita simak apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa memaksimalkan penjualan di event tanggal kembar!
1. Persiapkan Produk Secara Lengkap di Etalase Toko
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan bahwa etalase toko marketplace lengkap mulai dari menambah varian produk baru, melakukan bundling, atau bisa menduplikat produk untuk penawaran tertentu. Pastikan setiap produk yang ada di etalase memiliki informasi lengkap seperti nama, gambar, deskripsi, dan tentu juga harga beserta diskon.
2. Hindari Puncak Keramaian Logistik
Pada setiap event Double Date, berbagai perusahaan logistik yang terhubung dengan platform marketplace pasti akan mengalami kenaikan permintaan, dimana hal ini sangat mempengaruhi waktu pengiriman. Oleh karena itu, sangatlah disarankan untuk para online seller memulai promosi produk-produk dengan permintaan tinggi lebih awal, agar dapat mengurangi resiko keterlambatan atau paket hilang dalam pengiriman. Pengalaman berbelanja customer menjadi lebih baik karena pengiriman cepat dan tepat waktu.
3. Persiapkan Stok Produk yang Cukup
Pastikan bahwa stok produk di etalase marketplace tetap ada di jumlah optimal agar customer tidak ragu untuk langsung melakukan check-out, terutama untuk produk yang memiliki jumlah permintaan tinggi. Pastikan setidaknya paling cepat satu minggu sebelum event, supply masuk cukup dari pemasok, serta mempersiapkan produk alternatif untuk menutupi kekurangan stok, sehingga customer masih dapat memiliki pengalaman berbelanja yang baik.
4. Persiapkan Jumlah Tenaga Manusia yang Cukup
Pastikan tim kamu cukup untuk melayani customer yang tentunya akan membludak mendekati event Double Date. Customer service yang baik dapat menarik customer untuk berbelanja di toko seperti merespon pertanyaan lewat fitur chat yang ada di marketplace, yang tentunya tidak mudah di kelola sendiri.
5. Bedakan Traffic Gabungan dan Promosi
Kebanyakan customer percaya bahwa mereka akan mendapatkan diskon lebih besar tepat di hari H saat Double Date Campaign, sehingga mereka tidak membeli produk apapun beberapa hari sebelum event. Biasanya customer akan menyimpan produk yang sudah mereka incar dengan memasukannya ke dalam wishlist dan akan melakukan check-out pada hari H. Maka dari itu, banyak seller marketplace yang hanya melakukan promosi tepat di hari event promosi berlangsung.
Beberapa seller marketplace juga seringkali memutuskan untuk memberi promosi atau kupon diskon beberapa hari lebih awal dengan tujuan untuk mendapatkan traffic tambahan dan pesanan masuk lebih awal. Hal ini sangatlah cocok untuk digunakan terhadap produk yang memiliki permintaan  tinggi, terutama untuk customer yang membutuhkan produk tersebut secara cepat. Namun, kekurangan dari strategi ini bisa membuat customer mencari produk yang lebih murah dari toko marketplace lainnya, terutama jika customer menunggu promosi yang lebih besar tapi ternyata tidak ada.
Sebagai penjual online di marketplace, sangat disarankan untuk memberi informasi di awal kepada customer bahwa promosi yang diberikan sudah tetap dan akan berlaku sepanjang event Double Date. Bayangkan, jika penawaran yang akan diberikan tidak sesuai dengan ekspektasi, traffic yang sudah dibuat sebelumnya bisa saja hilang.
Langkah-langkah untuk persiapan berjualan saat event Double Date yang sudah kami sebutkan tentunya dapat dipakai di berbagai marketplace, untuk berbagai campaign dan event promosi, serta juga bisa digunakan untuk operasional sehari-hari.
6. Gunakan tools third partyÂ
Memiliki toko di berbagai marketplace dapat menyita banyak waktu dan resiko terjadi kesalahan operasional juga lebih tinggi apabila masih dilakukan secara manual, apalagi ketika kekurangan sumber daya manusia yang kompeten. Gunakan sistem omnichannel seperti UPFOS untuk membantu mengelola toko dari  berbagai marketplace serta dapat membantumu mengelola pesanan, produk, stok barang, gudang, hingga CRM hanya dalam satu sistem.  Mudah bukan?
Sistem Omnichannel seperti UPFOS juga sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace ternama di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, Bukalapak, JD.ID, dan Akulaku. Bahkan sistem omnichannel seperti UPFOS juga seringkali sudah terintegrasi dengan social commerce platform seperti TikTok Shopping dan Webstore Shopify.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H