Bunda setiap orang ingin anaknya terlihat aktif,cerdas, dan pitar. Tetapi semua itu di lakukan apa yang menurut bunda sendiri lakukan jika kita memberikan pengetahuan anak yang baik maka anak akan berkembang dengan baik, sebaliknya jika kita memberikan pengetahuan yang buruk apalagi kita tidak pernah memberikannya sekalipun anak tidak akan dapat mengasah otak karena otak anak sangat perlu dengan rangsangan-rangsangan sesuatu dari luar maupun lingkungan.
Berbicara tentang menulis, apa sih menulis itu? Menulis adalah kita melakukan suatu kegiatan yang menciptakan suatu gambaran maupun informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Maka dari itu sejak kecil kita harus terbiasa mengajari anak menulis. Adapun tanda-tanda gangguan perkembangan menulis
1.Gangguan visual-spasial
a.Kesulitan mengenali bentuk huruf
Anak mengalami kesulitan dengan mengenal atau memahami bentuk huruf itulah hal yang menyebabkan anak mengalami gangguan perkembangan pada penulisan, hal itu yang sangat di khawatirkan oleh para bunda maka dari itu sejak dinilah anak sudahj kita kenalkan dengan bahasa maupun cara menulis, bayi bisa menulis sangatlah mustahil tapi seenggaknya mereka tahu kgunaan pensil dan cara memakainya.
b.Kesulitan mengelompokan huruf ke kanan maupun ke kiri
Sering di alami oleh anak menulius dengan huruf kebalik contohnya menulis huruf "b" menjadi "d" itu adalah kesulitan yang di alami anak oleh karena itu anak mengalami kesulitan dalam belajar menulis, nah dengan anak mengalami kesulitan tersebut selanjutnya anak tidak akan mau belajar dan intinya anak sudah mulai menyerah.
2.Gangguan motorik halus
a.Kesulitan memegang pensil
Kesulitan memegang pensil, anak tidak akan tahu bagaimana cara melakukan sesuatu atau menggunakan sesuatu tanpa di beri tahu oleh orang --orang di sekitar mereka, nah kita sebagai bunda termasuk orang- orang di sekitarnya, kita harus membantu mengenalkan benda- benda yang menurut mereka itu benda asing, contohnya bolpoin, bolpoin hanya di gunakan pada orang dewasa kenapa? Karena bolpoin tidak sama seperti pensil, jika ada kesalahan saat menulis dengan pensil kita dapat menghapusnya dengan penghapus tetapi jika kita menggunakan bolpoin kita akan menggunakan tip ex nah tip ex adalah salah satu penghapus yang hanya di gunakan untuk bolpoin nah hawatirnya tip ex di salah gunakan oleh anak- anak mangkannya kita perlu membelajari anak untuk terbiasa menggunakan pensil.
3.Gangguan pengolahan bahasa
a.Kesulitan dalam menemukan ide dalam kertas dengan cepat
Tidak semua anak itu cerdas dan tidak semua anak itu tidak bisa dalam melakukan sesuatu, semua anak itu pasti bisa tetapi semua itu tergantung lingkungan di sekitar mereka, jika orang- orang di sekitar ,mereka tersebut dapat membantu dia untuk mengenal ataau mempelajari hal hal baru otak anak otomatis akan berkembang, kesulitan ini sangat sering kita jumpai pada saat kita belajar menulis bersama si kecil, sering saya jumpai karena mereka kebingungan kenapa karena huruf sangatlah banyak dan mereka sangat sulit untuk memahaminya maka dari itu di saat dia mencoba untuk menulis sesuatu dia bingung harus pilih huruf yang mana karena dia tidak tahu makna huruf-huruf tersebut.
4.Gangguan mengeja dan menulis
a.Kesulitan memahami peraturan mengeja
Nah di kesulitan ini sangat sering di rasakan oleh anak-anak mereka tidak tahu ketentuan mengeja itu bagaimana, nah ji8ka kita sering melatih atau mengasah pikiran anak, anak akan mudah memahami sesuatu.
Adapun fator yang mempengaruhi anak mengalami gangguan perkembangan menulis
1.Anak menderita disgrafia, apa disgrafia yaitu terdapat gangguan pada otak sebelah kiri depat dan terdapat hubungan dengan membaca dan menulis hal ini yang menyebabkan anak susah untuk menulis bahkan tidak mau tetapi tidak ada perjuangan menghianati hasil jika terus kita latih, maka akan semakin terbiasa dalam hal menulis
2.Faktor lingkungan
Faktor ini yang menjadi penyebab utama bagi pertumbuhan otak anak dimana lingkungan ini anak menemukan sesuatu yang dia anggap baru, nah kembali ke gangguan menulis menurut faktor lingkungan, hal ini akan terjadi jika lingkungan tersebut tidak baik untuk anak contohnya anak sering main ke warung nah di warung saya tidak pernah menjumpai seseorang membaca buku di warung, pasti sekarang semua orang akan sibuk dengan bermain hp apalagi di warung berfasilitas free. Nah hal itu dapat contoh pada anak jika kita terlaru sering mengajak mereka ke warung, mereka di rumah tidak akan mau belajar menulis apalagi sekarang zaman nya sudah canggih semua pembelajaran bisa melalui hp, tetapi kita sebagai orang tua harus bisa mendampingi anak di saat anak bermain hp, karena dapat di salah gunakan. Nah hal itu dapat kita ambil maknanya bahwa tidak bisa sembarangan mengenalkan lingkungan pada anak karena sesuatu akan berdampak pada mereka nantinya.
Cara mengatasi gangguan perkembangan menulis pada anak.
a.Tingkatkan motivasi belajar pada anak
Dengan kita meningkatkan motivasi belajar pada anak, anak akan merasa senang melakukan belajar maupun pembelajaran.
b.Tingkatkan rasa percaya diri pada anak
Kita dapat memberikan kepercayaan kepada anak bahwa mereka bisa, dengan belajar mereka akan bisa melakukan apa yang mereka lakukan
c.Selalu dampingi anak dalam belajar
Kasih sayang orang tua termasuk semangat anak dalam menjalankan proses belajar, maka dari itu, kita harus mampu menemani anak saat belajar.