Mohon tunggu...
Radif ZafarianNury
Radif ZafarianNury Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNPAR

Mahasiswa semester 1 yang memiliki hobi musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Gladi Hominisasi

26 Oktober 2022   15:07 Diperbarui: 26 Oktober 2022   15:22 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di tanggal 22 Oktober saya mengikuti acara gladi hominisasi. Karena teman-teman saya sudah melakukan gladi hominisasi beberapa minggu sebelum saya, saya mendapatkan spoiler tentang tugas pra-gladi. Maka dari sebelum mendapatkan tugasnya pun, jawaban yang akan saya tulis sudah terbayang. Akhirnya saat mendapatkan tugas pra-gladi, langsung saya kerjakan dan selesai tidak lebih dari 20 menit.

Selain tugas pra-gladi, teman saya juga memberitahu beberapa hal tentang acaranya sendiri. Bagaimana kita akan dibagi ke beberapa kelompok, lalu harus membuat semacam presentasi bersama kelompoknya, dan hal-hal kecil lainnya. Di hari gladi saya mendapatkan berbagai macam materi dari pembicara, lalu bersama kelompok membuat semacam podcast untuk menjelaskan tentang Hari Pangan Nasional.

Gladi hominisasi yang kemarin saya ikuti sangat membantu menyadarkan saya lebih lanjut akan seberapa pentingnya soft skill berpikir menggunakan logika, dan juga berkomunikasi interpersonal, khususnya public speaking. Jalan diskusi diantara kelompok saya berlangsung dengan lancar, namun masih ada beberapa hal yang bisa lebih baik, seperti cara berbicara yang membuat anggota-anggota kelompok lain mau ikut masuk diskusi dan juga melontarkan lelucon agar mood diskusi tidak terlalu kaku.

Sebagai warga negara, tentu saja harus memiliki kemampuan untuk berpikir logis. Agar suatu negara bisa maju, maka warganya dulu yang harus maju baik itu dalam pemikiran ataupun kelakuan. Kemampuan berpikir logika juga tidak akan berguna jika tidak memiliki kemampuan berkomunikasi. Karena kita adalah makhluk hidup sosial, maka untuk bertahan hidup kita harus bersosialisasi. Ilmu sebanyak manapun tidak akan berguna jika tidak bisa dikomunikasikan kepada orang lain.

Setelah mengikuti gladi hominisasi saya mendapatkan kepercayaan diri yang lebih tinggi untuk mengutarakan opini pada suatu diskusi dan juga berbicara di publik. Selain itu saya juga mendapatkan beberapa teman baru dari hasil bekerja kelompok di saat sesi membuat presentasi. 

Kemampuan public speaking yang saya dapatkan dari acara gladi hominisasi akan sangat berguna pada saat saya masuk ke suatu organisasi ataupun himpunan yang ada di kuliah. Mengikuti organisasi dan himpunan juga akan meningkatkan kemampuan public speaking dan berpikir logis yang telah saya dapat dari acara gladi hominisasi 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun