Quality Management System (QMS) atau juga dikenal dengan Sistem Manajemen Mutu (SMM) adalah kemampuan perusahaan dalam menjaga mutu produk atau jasa yang ditawarkan.Membahas terkait QMS, banyak orang yang masih mempertanyakan perbedaannya dengan QA (Quality Assurance) dan QC (Quality Control). Sudah pasti, ketiga hal tersebut memiliki peran dan tanggung jawab berbeda, walaupun berada dalam satu divisi yang sama.
QMS berperan untuk memastikan proses bisnis perusahaan, berjalan sesuai persyaratan SMM yang berlaku. Sementara QA, berperan menjamin proses produksi sesuai standar panduan konsumen. Sedangkan, QC bertugas untuk mengendalikan mutu produk sesuai harapan konsumen.
Berdasarkan ISO 9001:2015, terdapat 7 prinsip dasar QMS sebagai pedoman terhadap peningkatan kinerja organisasi, antara lain:
7 Prinsip Dasar QMSÂ
1. Fokus pelanggan
Prinsip ini berusaha memenuhi kebutuhan customer, bahkan melampaui harapan customer.
2. Kepemimpanan
Prinsip kepemimpinan bertujuan untuk menetapkan dan menentukan tujuan, arah, serta menciptakan kondisi di mana orang-orang terlibat untuk mencapai sasaran organisasi.
Baca juga : Jurusan Kuliah Bagi yang Suka Debat
3. Keterlibatan orang