Berkarier sebagai seorang Brand Marketing, acap kali dianggap mudah bagi sebagian orang. Akan tetapi hakikatnya, butuh kemampuan dan pengetahuan khusus untuk berkarier di bidang ini. Sebab kinerja marketing adalah salah satu penentu keberhasilan suatu usaha atau perusahaan.
Brand Marketing sendiri merupakan salah satu metode yang bisa dipakai untuk memaksimalkan pemasaran dari sebuah produk. Kemampuan yang satu ini sering menjadi tantangan bagi marketer karena berhubungan dengan teknik pemasaran tertentu.
Mengutip dari beberapa sumber media, Brand Marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang memanfaatkan brand dari sebuah produk, guna meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Branding ini memerlukan proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, hingga mendefinisikan pesan yang hendak disampaikan.
Baca juga: Prodi RPL Siap Hadapi Tantangan Society 5.0
Setelah mengetahui apa itu Brand Marketing, tentunya untuk melaksanakannya perlu strategi. Berikut ini beberapa strategi Brand Marketing yang dilansir dari berbagai sumber:
1. Identifikasi target pelanggan
Strategi Brand Marketing salah satunya adalah menetapkan target dari pelanggan. Jika perusahaan menargetkan semua jenis pelanggan dan kalangan, maka akan sangat luas untuk diidentifikasi. Sebaliknya, jika semakin sempit dan terukur target pelanggannya, maka akan semakin cepat pertumbuhannya.
2. Memilih tools dan konten yang tepat untuk digital marketing
Demi mengefektifkan proses marketing, sebagai seorang marketer perlu kapabel dalam memilih tools yang paling tepat untuk proses marketing. Sudah pasti pemilihan ini harus didasari pada kebutuhan dan jenis produk yang akan dipasarkan.
3. Membuat marketing strategy dan marketing plan