Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

KKN UAD Adakan Pelatihan Digital Marketing untuk Tingkatkan UMKM di Kulon Progo

27 Agustus 2024   09:44 Diperbarui: 27 Agustus 2024   09:52 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Masksimalkan Produk UMKM Lokal (Foto: tim KKN)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 127 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit I.B.2 menggelar sosialisasi dan pelatihan untuk masyarakat di lokasi pengabdian. Titik lokasi pengabdian berada di Dusun Bandung, Kelurahan Donomulyo, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Melihat beberapa kebutuhan yang diperlukan masyarakat, para mahasiswa KKN melakukan sosialisasi "Digitalisasi Marketing dan Pelatihan Pembuatan Label Menggunakan Aplikasi Canva", pada Senin, 19 Agustus 2024. Mereka yang dibimbing oleh Nur Hidayah, S.Pd., M.Pd. ini mendapatkan antusias dan respons positif dari masyarakat.

Tujuan dari sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan yakni untuk mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan keterampilan digital dan memperbaiki pemasaran produk mereka. Sosialisasi tersebut sekaligus memberikan edukasi mengenai pemanfaatan dalam menggunakan teknologi yang dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi operasional.

Melalui pelatihan ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk mereka agar menjadi lebih efektif, serta mengelola bisnis dengan cara yang lebih modern. Selain itu, pelatihan pembuatan label produk menggunakan aplikasi Canva merupakan salah satu fokus utama dari kegiatan ini.

Canva, sebagai alat desain grafis yang mudah diakses, membantu pelaku UMKM dalam membuat label produk yang menarik dan profesional. Mereka dilatih dalam penggunaan Canva untuk mendesain label yang tidak hanya menarik, tetapi juga sesuai dengan standar pasar sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan daya saing produk mereka.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan pelaku UMKM yang aktif di sekitar Dusun Bandung. Partisipasi yang antusias dari mereka menunjukkan besarnya minat dan kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan digital dan desain produk UMKM. Menurut Tukijo, selaku Kepala Dusun Bandung, masyarakat memiliki potensi dalam menciptakan dan menghasilkan produk yang bermanfaat, tinggal cara pemasarannya yang perlu ditingkatkan.

"Warga Dusun Bandung memiliki kemampuan dalam menghasilkan berbagai macam produk. Namun, beberapa pelaku UMKM masih kesulitan dalam memasarkan produk ke jangkauan yang lebih luas," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, para mahasiswa KKN berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ekonomi lokal dan mendukung pertumbuhan bisnis UMKM. Khususnya di wilayah Dusun Bandung yang memiliki potensi yang bagus dalam memasarkan produk lokal. Dengan pelatihan yang memadai, UMKM di Dusun Bandung ini dapat terus berkembang dan memperkuat posisi mereka di pasar. (can)

uad.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun