Pelit. Ribet. Menyalahkan konsumen. Maaf banget, ini lebih lebih buruk dari sesama toko online apalagi kalau dibandingkan toko komputer “offline”. Pelit, ribet dan keterlaluan. Itu yang saya rasakan dari membeli sebuah mouse wireless yang harganya relatif murah tapi dibuat ribet ini di toko online yang mengkaim MOST WANTED E-STORE. Jakarta Notebook. Agar runut, saya buat kronologisnya termasuk tanggapan CS Jaknot yang lempar tanggung jawab ke customer.
Pada tanggal 3 Desember 2013, saya berbelanja sebuah Wireless Mouse yang dilengkapi dengan kabel USB untuk nge-cas batere sekaligus berfungsi menjadikan mouse tetap bisa dipakai sembari charging melalui kabel (wired mouse). Kodenya AWMS04GD “Optical Mouse Wireless 2.4G with Charger Function Model M020 – Golden dengan Warranty : 1 Tahun”. Grand total Rp 97.229 kurang dari seratus ribu rupiah. Saya sebut harga karena ini salah satu faktor penting kekecewaaaan saya.
Pada tanggal 4 Desember sekitar jam 2 siang saya lunasi pembayaran dan terbit invoice nomor CF781 mengenai statusnya. Mereka kirim dan satu or dua hari kemudian sampai. Sampai saat ini saya masih puas. Ketika dipakai, beberapa jam kemudian kurang sensitif. Saya berasumsi batere mau habis jadi saya colokan dengan kabel USB sekaligus charging dan mouse tetap bisa dipakai. Nah, satu hari saya pakai, mouse bermasalah. Rusak tidak bisa dipakai. Setiap kali ditaruh di meja indikator warnanya mati/berkedip-kedip dan mouse mati.
Saya hubungi CS Jaknot via chatting dan diinformasikan untuk mengikuti prosedur klaim. Cuma itu saja. Baiklah saya tak permasalahkan jawaban apa adanya ini. Saya ikuti prosedur, dan karena kesibukan, saya baru bisa kirim balik Mouse tersebut pada tanggal 17 Desember 2013 via JNE. Nomor Resi 2202226020000. Namun masih dalam jangka waktu 2 pekan dari diterima barang. Saya masukkan kotak dengan isinya. Berikut lembar invoice dan lembar klaim.
Tak ada kabar sejak itu. Padahal garansi untuk cek dan servis hanya 2-3 hari saja. Dan asumsi saya, karena ini mouse barang yang kecil, murah dan kerusakannya standard, saya pikir tak selama itu. Toh biasanya kita kalau beli mouse dsj tinggal balikin ke toko trus diganti yang baru selesai. Harganya murah ga akan buat toko bangkrut.
Padahal saya sudah mencantumkan nomor telepon pada lembar resi, juga ada lembar klaim, lembar invoice. Dan ada juga akun saya di jaknot sehingga bisa saja dari awal dilacak (jika memang pelayanannya bagus).
Walhasil hingga tanggal 2 Januari 2014 (dua pekan) baru ada SMS dari CS Jaknot (nomornya 08967437936) mengenai mouse saya dan isinya pun cuma mempertanyakan bahwa DONGLE mouse tidak ada. Bukan ya saya berharap itu isinya bilang mouse sudah dikirim balik.
Saya terus terang kaget, dan memang saya sudah berniat jika sampai SABTU ini (4 Januari 2014) tidak muncul juga barang itu, saya akan komplain habis-habisan di media sosial maupun langsung di Surat Pembaca. Dan saya sampaikan kepada CS itu via SMS.
Saya merasa sudah memasukkan semua sih. Tapi apapun itu, saya rasa tak mengurangi pelayanan Jaknot sampai nunggu HINGGA TAHUN BARU buat konfirmasi. Apa sebab, karena permasalah sudah jelas dan ada KABEL USB yang bisa dipakai untuk tes kalau memang alasannya tes.
Apa jawaban CS? Ini dia nih :
.. tapi disini kenyataannya tidak ada pak. Makanya kita konfirmasi ke email tapi tidak ada jawab sehingga kita sms; dongle masuk ke dalam paket atau di dalam mouse
Lama buanget ya nge-SMS sampe tahun baru. Setau saya kalau email pun 2-3 hari tak dijawab ya dikontak dong. TELEPON kek! Ini saya tinggal juga di Bogor (keliatan kan di resi dan invoice?) PELIT. Ga ada usaha. Ampir dua minggu masbro? Ngga ada S.O.P. nih Jaknot.