Mohon tunggu...
Uncak Kapuas
Uncak Kapuas Mohon Tunggu... -

Belajar dari masa lalu untuk kerja hari ini dalam menggapai mimpi

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tradisi Menjelang Lebaran

26 Agustus 2010   03:13 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:42 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

RAZIA SESUAI JADWAL (Aneh Jadwal nya koq selalu menjelang Lebaran ) Sudah 2 hari berturut-turut Kepolisian Resort Kapuas Hulu (putussibau) melakukan razia untuk memeriksa kelengkapan surat menyurat kendaraan roda dua. Saya secara pribadi sangat terganggu dengan kegiatan ini, Kemarin dua kali saya ke komplek pasar 4 kali saya diperiksa oleh Tim yang sama (pergi, pulang, pergi dan pulang). Saya sempat Jengkel dibuatnya. Demikian pula pada hari ini, 2 kali saya saya diperiksa, bahkan sempat adu mulut dengan mereka...karena saya tidak mau masuk ke komplek pemeriksaan, saya berhenti di pinggir jalan : Saya : Kemarin Saya Sudah di Periksa, saya mau cepat, saya sudah terlambat menjemput anak saya di TK (sambil mengeluarkan sim dan stnk) Polisi : Kemarin lain pak, jangan di sini silahkan bapak masuk (takk lama datang perwira nya, pangkatnya seperti aliran air 2 di pundak) Perwira : Sini saya periksa, silahkan pak Saya: Koq setiap hari di periksa, kemarin saya sampai 4 kali, hari ini bakalan 2 kali Perwira + anak Buah : sudah ada "jadwal" nya pak (saya nggak ngerti ternyata RAZIA pake Jadwal) Saya : bukannya cari THR untuk lebaran ???? Kenapa tidak setiap bulan di adakan ??? Polisi : Pak klo ngomong jangan sembarangan... (sambil mulai mengerumuni saya) Saya : Saya tidak ngomong sembarangan, bukan rahasia umum, Anda jangan tersinggung, klo anda tersinggung berarti benar apa yang di image kan masyarakat .... (sambil menarik gas sepeda motor saya) ............. [caption id="attachment_239373" align="alignleft" width="300" caption="Razia Ranmor - Sumber mbah Google"][/caption] UANG DAMAI .. Ketika Melihat POLISI LALULINTAS, seringkali membuat hati saya miris begitu ingat perilaku beberapa oknumnya yang menwarkan jasa DAMAI kepada pelanggar lalulintas. Apalagi dalam minggu ini sudah 2 hari berturut-turut mereka melakukan RAZIA. Pertanyaannya ada apa ??? Apakah ada yang kehilangan??? Putussibau, kota kecil, jadi jika ada yang kehilangan kendaraan pasti sudah gempar. Ibaratnya, jarum jatuh saja bisa kedengaran. Namun tidak ada kendaraan yang hilang. Alasannya pemeriksaan sesuai "jadwal". Aneh Jadwal nya koq setiap menjelang Lebaran (mengingatkan saya peristiwa setahun yang lalu), "Bapak mau nitip bayar uang sidang atau uang damai pak ???" itulah percakapan yang sempat saya dengar ketika seorang bapak yang "terlupa" membawa STNK karena kali ini ia menggunakan sepeda motor anaknya. Kenyataan tersebut membuat pandangan saya terhadap POLISI LALULINTAS semakin "miring". Kalo hanya OKNUM maka ucapan Uang Damai tentunya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, namun jika diucapkan TANPA [caption id="attachment_239443" align="alignleft" width="196" caption="Illustrasi : sumber mbah google"][/caption] RASA MALU dan di depan teman-teman lainnya apakah itu OKNUM ???? Pertanyaan yang selalu menggelitik hati saya: Kenapa Jadwal RAZIA kelengkapan Sepeda Motor selalu dilakukan menjelang Hari Raya Lebaran ?? Apakah ini Tradisi untuk mencari "UANG DAMAI" sebagai Bekal THR Lebaran ??? yang tau jawabannya hanyalah mereka yang bertugas sebagai POLISI LALULINTAS. Salam Bumi Uncak Kapuas

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun