Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dosen Umsida Optimalisasi Penggunaan Digital Marketinguntuk UMKM Sidoarjo

22 Agustus 2024   10:05 Diperbarui: 26 September 2024   11:24 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen Umsida Inggit Marodiyah (dokpri)

Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) yang dipimpin oleh Inggit Marodiyah ST MT, baru-baru ini melaksanakan pendampingan digital marketing untuk UMKM Cahaya Gemilang di Kabupaten Sidoarjo pada Senin (19/08/2024).

Inggit bersama tim melaksanakan kegiatan ini dalam rangka program hibah Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tujuan untuk membantu UMKM batik yang berlokasi di Desa Kalipecabean agar dapat memanfaatkan platform digital sebagai media peningkatkan penjualan produk mereka.

Pendampingan Digital Marketing

Pendampingan ini sangat penting bagi UMKM Cahaya Gemilang yang belum memanfaatkan penjualan secara digital. Dalam era di mana konsumen semakin cenderung berbelanja online, memanfaatkan platform digital merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan pasar.

Baca juga: Dosen Umsida Lakukan Pendampingan Digital Marketing untuk UMKM Cahaya Gemilang Sidoarjo

Dengan bantuan tim Abdimas Umsida, UMKM Cahaya Gemilang diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan efisiensi penjualannya melalui akun-akun digital yang baru dibuat.

Kegiatan pendampingan diawali dengan pembuatan akun Google dan pendaftaran email untuk UMKM Cahaya Gemilang. Tim Abdimas juga mendaftarkan UMKM tersebut di berbagai platform sosial media dan e-commerce, termasuk Instagram dan Shopee.

Di Shopee, pendampingan mencakup pembuatan akun penjual, verifikasi, pemilihan jasa kirim terdekat, pengaturan merk, penambahan variasi produk, serta pengisian deskripsi produk yang meliputi jenis kain, ukuran, dan motif.

Baca juga: Mahasiswa KKN Umsida Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Gerakan Lumbung Hidup

Untuk Instagram, tim membuat akun penjualan khusus, menyunting nama dan foto profil, serta menambahkan deskripsi di bio yang mencakup informasi pemesanan produk, lokasi UMKM, dan nomor kontak. Langkah-langkah ini bertujuan agar Cahaya Gemilang dapat menarik perhatian konsumen lebih luas melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun