Mohon tunggu...
UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Mohon Tunggu... Freelancer - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

UMKM Sidoarjo Berdaya, Umsida Beri Pelatihan Bisnis Keempat

7 Agustus 2024   16:30 Diperbarui: 7 Agustus 2024   16:31 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Bisnis di Umsida/dokpri

Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkomitmen meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat di Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan berbagai pelatihan dan monitoring perkembangan usaha.

Tingkatkan UMKM dengan materi bisnis oleh Umsida

Pelatihan keempat dengan tema Manajemen Pemasaran kali ini disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM dan Rizky Eka Febriansyah SMb MSM sebagai narasumber di Ruang 703 GKB 3 Umsida, Selasa (30/07/2024).

Pemaparan pertama disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM mengenai Komunikasi Bisnis, Event Manajemen dan Desain Kemasan.

Menurutnya ilmu komunikasi adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan prinsip-prinsip secara tegas, dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut disampaikan informasi serta dibentuk pendapat dan sikap.

Satrio juga memberikan edukasi cara bernegosiasi agar sama sama mendapatkan keuntungan baik penjual maupun pembeli.

"Kuncinya adalah win win solution, jadi pertama harus memiliki sikap sama sama menag, saling tertarik kebutuhan lawan, bersedia memberikan kelonggaran, mau bekerjasama dan memahami prinsip beri dan terima," jelasnya.

Ia juga memberikan tips agar para penjual mau mengawali dengan berjabat tangan dan selalu tersenyum saat proses negosiasi agar memberikan kesan santun pada pelanggan.

Tak hanya itu, Satrio juga menjelaskan maraknya penggunaan media digital membuat potensi e commerce sangat efektif untuk meningkatkan ketertarikan oleh calon pembeli.

Satrio juga memberikan edukasi untuk mengemas produk dengan higienis, efisien dan menarik bagi calon pembeli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun