Guwosari, Bantul, Yogyakarta (11/07/2024). Tim PPK Ormawa IMM FISIPOL UMY kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan UMKM dan pariwisata lokal dengan mengadakan program Sekolah Pariwisata dan Pelatihan Digital Marketing.
Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah sukses mengadakan sekolah pariwisata dan digital marketing untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Guwosari, Bantul.
Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) yang mengangkat "Education Tourism Village : Pengembangan Desa Wisata Budaya dan UMKM Berbasis IoT Menuju Guwosari Mandiri Budaya" dengan Dosen Pembimbing Sakir Ridho Wijaya dengan 13 Anggota dan Taufan Hisbullah sebagai Ketua Tim PPK Ormawa IMM Fisipol.
Program Sekolah Pariwisata Tim PPK Orawama IMM Fisipol ini bertujuan untuk meningkatkan knowledge serta ketrampilan para pelaku usaha dalam mengatur dan mengelola destinasi wisata lokal. Manajemen destinasi, pelayanan prima, dan strategi promosi pariwisata adalah topik yang dibahas. Pak . Gogor Bangsa, S.Sn., M.Sn. Sebagai Dosen ISI Yogyakarta dan Muhammad Gema Ramadhan, S.IP. : Dinas Pariwisata Kab. Bantul dihadirkan untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana mengoptimalkan potensi wisata daerah.Â
Aulia Ananda sebagai ketua pelaksana mengatakan bahwa "harapan diadakan Sekolah Pariwisata dan Digital Marketing UMKM ini masyarakat lebih faham akan cara mengelola wisata dengan baik dan benar. Tidak hanya itu harapannya wisata yang nantinya dibangun harapannya menjadi bermanfaat tidak hanya untuk desa Guwosari, akan tetapi menginspirasi desa desa lainnya".
Selain itu PPK Ormawa IMM Fisipol Juga mengadakan Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang mana pelatihan ini berfokus pada cara pengelolaan dan pemanfaatan media sosial dan pasar. Pelatihan ini diadakan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pemanfaaatan dan pemasaran digital diera saat ini. Pemanfaatan pemasaran digital melalui platform Instagram, Tiktok, dan lainnya untuk meningkatkan serta memperluas penjualan jangkauan pasar.
Sekolah Pariwisata dan Digital Marketing UMKM berjalan dengan lancar, respon positif dan semangat antusiasme dari kelompok sasaran juga meningkat. "Sangat senang sekali karena diadakannya Sekolah Pariwisata dan Digital Marketing UMKM ini menambah wawasan bagi masyarakat tentang bagaimana mengelola desa wisata ini, bagaimana mengatur media sosial agar kedepannya lebih baik lagi" Terang salah satu kelompok sasaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H