Mohon tunggu...
Ummu Al Azzahro
Ummu Al Azzahro Mohon Tunggu... Dosen - mahasiswa

hobi jalan-jalan, memasak,

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Model Implementasi Strategi Pengembangan Program Pendidikan Islam

5 November 2024   23:38 Diperbarui: 6 November 2024   08:40 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MODEL IMPLEMENTASI STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM

Oleh Ummu Al Azzahro

(Mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Pengembangan program pendidikan Islam memerlukan strategi yang terencana dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa model implementasi strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan program pendidikan Islam. Pengembangan pendidikan Islam memerlukan pendekatan yang komprehensif dan adaptif untuk menghadapi tantangan zaman, terutama dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan pendidikan Islam.

Pertama, Strategi Induk Pengembangan Program Pendididikan Islam

Pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam menelaah, menganalisis, serta mengembangkan pemikiran, informasi, dan fakta-fakta yang sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini melibatkan perencanaan program dan kegiatan operasional yang mendukung pengembangan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) modern dalam kehidupan sosial dan keagamaan umat Beberapa manajer sering terpaku pada suatu strategi untuk menjalankan lembaga yang dipimpinnya, padahal mungkin strategi itu sudah tidak sesuai dengan keadaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap itu antara lain: strategi masa lalu, ketergantungan eksternal, sikap manajemen terhadap risiko, percaturan kekuatan dalam organisasi, peranan manajemen puncak, ketepatan waktu, dan reaksi pesaing. Ada lima teknik untuk menentukan pilihan strategi, yaitu: Analisis Kesenjangan, Matriks Seleksi Strategi Induk, Boston Consulting Group (BCG), Model Kelompok Strategi Induk, Matriks SWOT, dan Daur Kehidupan Produk.

Kedua, Langkah Strategis Pengembangan Program Pendidikan Islam Unggulan

ada beberapa langkah strategi yang perlu diperhatikan dalam rangka mengembangkan program madrasah/sekolah Islam unggulan yaitu: a). Membangun berbagai kekuatan madrasah/sekolah Islam, b). Memperkuat kepemimpinan dan manajemen madrasah/sekolah Islam, c). Membangun pencitraan/image madrasah/sekolah Islam, d). Pengembangan program-program unggulan, e). Mengubah mindset atau cara berpikir umat Islam.

Ketiga, Ragam Bentuk Strategi Pengemnagan Program Pendidikan Islam Unggulan

Ragam bentuk program Unggulan Pendidikan Islam di Indonesia. Hani'Atul Khoiroh dalam jurnalna, mengidentifikasi Bentuk-bentuk Program Unggulan di Lembaga Pendidikan Islam, diantaranya : a). Sistem full-day school sistem yang diperuntukkan untuk anak didik demi memperoleh lingkungan yang terdidik sehari-hari. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan pembentukan karakter yang penuh pada diri mereka, b). Pembiasaan membaca al-Qur'an setiap hari, c). Pendidikan Agama Islam (PAI), d).  Program We can speak (kita dapat berbicara), e). Pembelajaran Ekstrakurikuler, f). Gerakan Sekolah bersih dan indah, f). Kitab Kuning, g). Pendidikan Holistik-Integratif : Sekolah Islam Terpadu (SIT),

Keempat, Pengembangan Program Pendidikan Islam Unggulan

strategi yang dapat diterapkan dalam mendesain model Sekolah/Madrasah unggulan: a). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Sistem Pendidikan Islam, b). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Kepemimpinan, c). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Sumber Daya Manusia, d). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Potensi Spiritual, Intelektual, Amal, Keterampilan, dan Akhlak, e).  Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan dalam Mengintegrasikan Ajaran Islam dan Sains, f). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia, g). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Atmosfer Akademik,  h). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Karakter, i). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Prestasi, j). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Pelayanan Prima, k). Mendesain Model Sekolah/Madrasah yang Memiliki Keunggulan Jaringan Kerjasama, Baik di Dalam Maupun Luar Negeri.

 

Seluruh tulisan dalam artikel ini merujuk pada Modul Ajar Part 4 Poin D Oleh Prof. Dr. H. A. Rusdiana, M.M (https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100464)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun