Mohon tunggu...
Umiyamuh
Umiyamuh Mohon Tunggu... Novelis - Seorang Penulis

Bukan orang penting, hanya seseorang yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apa Kita Berubah

10 September 2023   14:05 Diperbarui: 10 September 2023   14:12 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah lama tidak ada kabar. Setelah bertambahnya usia, seseorang mungkin tidak akan sadar jika dirinya berubah. Kalau menurutku, hal itu wajar-wajar saja. Kita manusia memang harus berubah jangan begitu-begitu saja sekalipun hari terus berganti dan umur terus bertambah. Seseorang harus berubah ke arah yang lebih baik. Melihat sekeliling tidak hanya dari satu dua arah, tapi berbagai macam sudut pandang. Tidak hanya menilai dari sisimu saja tapi juga dari sisi orang lain. Perubahan itu perlu, kata siapa jangan pernah berubah,  ST12? Ayolah, kita harus berubah, bahkan soal cinta, bukan tokohnya tapi sikapnya. Jangan karena sudah hidup bersama dalam jangka waktu lama, lali kita jadi merasa tidak lagi perlu mengungkapkan rasa sayang. 

Kita juga tidak perlu malu bilang sayang pada pasangan kita. Yang tidak berubah adalah pasangannya, tapi jalannya pemikiran harus berubah menjadi lebih baik lagi dan lagi. Aku akan segera memasuki usia 30-an tahun depan. Dan aku kira orang dengan usia itu sudah tua. Ternyata tidak juga, aku masih merasa muda. Apa aku tidak berubah? 

Menurutku, aku justru berubah jadi berpikir aku tidak tua hanya karena usia saja.

Baca juga: Hati yang Kunanti

Baca juga: Selamat Ulang Tahun

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun