Mohon tunggu...
Umi Kulsum Zaini
Umi Kulsum Zaini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu mahasiswa dalam perguruan tinggi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ancaman China Bikin Brand Diam-Diam di Indonesia

16 Oktober 2023   15:09 Diperbarui: 16 Oktober 2023   15:21 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Yang lagi naik banget saat ini yaitu Skintific. Ini brand produknya superior, cepat sekali keluar produk baru dan marketingnya di tiktok jenius banget, sekali melakukan live jualan, terdapat banyak akun yg nge-live. Dan mereka membantai produk-produk lokal dalam waktu kurang dari dua tahun dan omsetnya sudah triliunan. When we talk about Skintific, hal pertama yang di dengar dari banyak orang adalah bahwa "Ini produk lokal" setelah mereka search di google diketahui ternyata produk skincare Skintific ini berasal dari Kanada yang berpusat di Oslo, Norwegia. Dan ini mungkin mengejutkan bagi banyak orang yang mengira itu adalah merek lokal.

Brand yang bisa merajalela di tiktok yang mempunyai market share signifikan, membantai produk lokal yang saat ini ditemukan yaitu Skintific brand China. Keberhasilan merek China seperti Skintific ini dapat mengubah preferensi konsumen di Indonesia. Konsumen mungkin lebih tertarik pada produk-produk asing daripada merek lokal dan ini berpontensi mengurangi dukungan untuk produk-produk lokal. Dan kita tidak tau apakah ini project S terselubung, karna project S tiktok shop tak akan di rilis di Indonesia. Ketika kita melihat website Skintific Kanada foundernya Kristen Tfeit dan Anm-Kristin Stokke itu dari Norway, 1957 tetapi ketika di cek brandnya Skintific pakai I, dan ada yang tidak pakai I juga. Walaupun pakai founder yang sama tetapi kita tidak tau mereka beli license atau kerja sama dengan brand Norway, tetapi jika di cek di website Skintific Kanada, ada di bawah PT. May Sun Yfan. Ini penting untuk menilai sejauh mana merek ini terkait dengan China. Dan PT ini distributor tunggal Skintific di Indonesia atau bisa dibilang PT ini basically kalau di Indonesia dan semua manufacturnya dari China, dan itu masih wajar. Dan hampir semua brand Internasional juga manufacturnya di China. Dan jika dilihat di website skintificcanada.com domainnya dimiliki oleh Alibaba, dan kalau di cek di data ini, yang benar Skintific cuma ada di Indonesia dan bisa dibilang bukan global brand.

Dan hal yang masih belum ditemukan mengapa mereka bilang Skintific Canada. Dan ada satu website tentang brand intoduction yang intinya, "Its skin care brand Skintific ranks firts in southeast Asia i-commerce shopee. The core tim of feimer comes from Alibaba and Huawei, and uses advanced online internet thingking and models."

Jadi sebenarnya Skintific ini brand China atau Canada? pelan-pelan kita bisa diselundup oleh produk-produk yang bukan punya kita sendiri. Skintific is an amazing brand tetapi kita tidak bisa seperti ini terus dan ini kekalahan yang ada ditangan kita sendiri jangan mikir brand China itu jelek, mereka memang superior daripada kita tetapi kalau kita biarin terus dan kita main iya iya saja sebagai konsumen kita bakal gali lobang buat kubur kita sendiri gimana UMKM mau maju? gimana kita bisa bersaing di skala internasional? We will lose.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun