Mohon tunggu...
Umbara Mojo
Umbara Mojo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok 08 KKN UNUSA

Kelompok 08 Kuliah Kerja Nyata Desa Mojosarirejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Pemasaran Produk UMKM di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Gresik

7 Agustus 2023   22:22 Diperbarui: 7 Agustus 2023   22:30 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wiwi Azlina Syawalien, Karisma Aliatul Himmah, Nafiatul Romadhona

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Gresik - Desa Mojosarirejo sendiri banyak menghasilkan bahan pangan lokal yang beraneka ragam dan dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk olahan yang dapat dikembangkan untuk pemasaran lebih luas. Beberapa contoh bahan pangan lokal diantaranya adalah singkong, jagung, pisang, dan beras ketan, sehingga dari bahan tersebut dapat diolah agar menjadi produk olahan dengan inovasi-inovasi baru yang dapat menembus sasaran pasar mulai dari kalangan remaja hingga kalangan orang tua.

Keberadaan UMKM tidak hanya menyediakan lapangan kerja bagi penduduk setempat, tapi juga memainkan peran strategis dalam memperkuat ekonomi Desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi dengan sumber daya yang ada masih belum mampu meningkatkan kemajuan perekonomian, karena seringkali terdapat tantangan dalam hal kurangnya pengetahuan serta inisiatif sumber daya manusia dalam UMKM Desa.

Dokpri
Dokpri

Senin, 31 Juli 2023 telah diadakan kegiatan "Pelatihan Pemasaran Produk" pukul 19.00 WIB yang bertempat di Balai Desa Mojosarirejo. Kegiatan ini sendiri diadakan oleh Kelompok 08 KKN Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya dan mengambil sasaran dari pihak Karang Taruna Lingkungan RT 08 dan RT 09 yang dimana Karang Taruna Lingkungan RT 08 dan RT 09 ingin menggalakkan UMKM Desa dengan Produk olahan dari hasil bahan pangan lokal. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengembangkan pemasaran dan menciptakan ide produk hasil tani, sehingga dari warga Desa itu sendiri dan pemilik UMKM nya dapat meningkatkan pemahaman tentang strategi pemasaran yang efektif, dapat meningkatkan penjualan, serta memperluas jangkauan pasar.

Adapun rangkaian kegiatan Pelatihan Pemasaran Produk kali ini terdapat 4 materi diantaranya tentang Pemasaran Produk melalui media sosial TikTok, Facebook, Instagram, dan Pelatihan Desain. Bapak Hamzah selaku ketua Karang taruna RT 8 dan 9 Desa Mojosarirejo mengatakan "Ide-ide produk olahan dari bahan lokal dan pelatihan pemasaran sangat bermanfaat bagi UMKM Desa Mojosarirejo". Kegiatan pelatihan pemasaran produk ini berhasil menarik perhatian dan mendapatkan respon positif dari para peserta khususnya para anggota Karang taruna yang memiliki peran utama dalam menggalakkan UMKM Desa Mojosarirejo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun