Bandung, 5 November 2024 – Pembelajaran Fisika di SMA N 1 Cileunyi kini semakin menarik dengan hadirnya aplikasi berbasis Kodular yang inovatif dan interaktif, bernama "Fluida Dinamis." Aplikasi ini dirancang khusus oleh Ulva Anggraeni, S. Pd calon guru di sekolah tersebut untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep penting dalam materi Fluida, sebuah topik yang sering kali dianggap sulit oleh para siswa. Dengan fitur-fitur edukatif seperti bahan ajar interaktif, asesmen, simulasi, proyek, serta integrasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, "Fluida Dinamis" diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menyenangkan bagi para siswa.
Gambar 1. Logo Aplikasi Fluida Dinamis
Aplikasi "Fluida Dinamis" memuat bahan ajar yang dirancang secara visual dan interaktif, dengan gambar, video, dan penjelasan yang memudahkan siswa untuk memahami konsep dasar hingga penerapan dari materi fluida. Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur asesmen berupa kuis dan soal latihan dengan tampilan dan durasi pengerjaan yang telah ditentukan. Setiap soal dirancang secara khusus untuk menguji pemahaman siswa dan memberi umpan balik langsung, sehingga mereka bisa melihat dan memperbaiki kesalahan secara mandiri. Fitur asesmen ini juga memungkinkan guru untuk memantau perkembangan belajar siswa dengan lebih efisien.
Gambar 2. Menu Utama Aplikasi
Selain bahan ajar dan asesmen, "Fluida Dinamis" juga menghadirkan simulasi interaktif yang memungkinkan siswa mempraktikkan langsung konsep fluida dalam situasi yang menyerupai kondisi nyata. Melalui simulasi PhET, siswa dapat mempelajari bagaimana tekanan, kecepatan, dan aliran fluida bekerja dalam pipa atau wadah yang berbeda. Simulasi ini diharapkan membantu siswa memahami konsep abstrak dalam fisika dengan cara yang lebih konkret dan aplikatif.
Fitur proyek juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi ini, di mana siswa diajak untuk terlibat dalam proyek-proyek sederhana namun bermakna terkait konsep fluida, seperti membuat model aliran air atau eksperimen tentang tekanan dalam zat cair. Melalui proyek ini, siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan nyata. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem-solving mereka.
Gambar 3. Implementasi di Kelas
Lebih dari sekadar media pembelajaran, "Fluida Dinamis" juga mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang menjadi landasan pendidikan di Indonesia. Fitur ini hadir dalam bentuk modul edukatif yang mengarahkan siswa untuk mengembangkan sikap mandiri, bekerja sama dalam kelompok, dan menghargai keberagaman. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga turut membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.