Mohon tunggu...
Uli Elysabet Pardede
Uli Elysabet Pardede Mohon Tunggu... Karyawan Swasta -

Inspirasiku dalam menulis adalah lagu indah, orang yang keren perjuangannya, ketakutanku dan hal-hal remeh-temeh yang mungkin saja bisa dibesarkan atau dipentingkan… Tuing! blog : truepardede.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sifat Dia 'Bossy' Sekaligus DPD

11 Oktober 2011   00:48 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:06 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ilustrasi - Google

Saya di sini ingin curhat ^_^ tentang teman kuliah saya yang DPD abissss serta-merta Bossy. Sekarang saya dan dia sudah tidak sekelas lagi, dikarenakan pemecahan kelas dari kampus. [ Horreee... upsss... salah ]. Pokoknya DPD ajalah, bisa dibilang keterlaluan.

Awal masuk kuliah saja dia sudah menggantungkan dirinya kepada saya. Di dalam Lab, dia selalu meminta saya untuk duduk semeja dengan dia. Parahnya, jika ada sesuatu yang tidak dia tahu pasti saya yang didesak-desak untuk mengajarinya, jika saya suruh dia tanya saja sama dosen dia pasti menolak, alasannya segan. Di saat ujian dia juga selalu dekat saya, saya tulis A dia pasti tulis A, saya ga tulis apa-apa dia pun begitu. Dan gawatnya lagi, isi ujiannya murni bukan dari dia tetapi saya T_T. Oh ya dia itu orangnya tukang SMS, nanyaaaaa terus [geram.com]. Dia sendiri sudah tahu bahwa hari ini akan ada replace, eh justru dia nanya balik ke saya. Dan parahnya dia SMS berulang-ulang ini, hiksss pentium berapa sich dia?

Orang yang seperti itu bisa dikatakan, Dependent Personality Disorder [DPD] adalah kepribadian seseorang yang cenderung ingin diperhatikan dan selalu mendekatkan diri kepada siapa saja yang menurut mereka pribadi bisa mengurusi dan membantu mereka. Mereka pun tidak mampu mengambil keputusan sendiri dan takut menjadi penanggung jawab sesuatu yang dipercayakan kepada mereka. Mereka lebih terbiasa membebani orang terdekatnya.

Mungkin tambahan dari pemikiran cetekku ini adalah sikap dia kepada saya tidak hanya menunjukkan betapa jelas DPD-nya dia melainkan dia juga Bossy alias suka perintah-perintah. Kadang orang yang dia berlakukan begitu juga ikut-ikutan mengalami tekanan. Contohnya saya, saya yang pengingat bisa-bisa ingat terus akan tingkahnya saat saya dalam keadaan sendirian. Kenapa sich ada orang begitu? Manja? Bossy? Kok ditimpakan ke saya semua? T_T

Oh ya, dia itu juga sangat-sangat ketakuatan bila bermasalah dengan saya. Dia takut kehilangan saya [PD? Enggak ah]. Terkadang ada semangat-semangat dari teman saya yang lain untuk lepas dari kekangannya. Dan pada akhirnya betullah saya lepas dan tidak terlalu kompak lagi sama dia [Walau pun terkadang masih suka contek atau SMS SOS ke saya] Tapi, alhamdullilah yah. Intensitas ngeselinnya menurun drastis. Dia sekarang lebih berteman kepada orang lain walau sama posisinya sebagai benalu. Oh ya, dia berteman kompak dengan orang yang lebih keras dengan saya.... ^_^

Hmm, gimana sich sebenarnya menghadapi orang DPD+Bossy kayak dia? Saya sendiri sebenarnya tidak tahu... Hehehe... Tapi yang saya ingat, saya yang tidak pernah marah pada dia akhirnya marah juga. Habisnya, dia kelewatan. Masak dia bermalas-malasan akan kepentingannya sendiri dan menimpakannya pada orang lain? Dan kecewanya saya dia pernah kedapatan oleh saya, bahwa dia sedang dalam keadaan mampu untuk membantu saya memecahkan masalah eh malah dia justru bohong mengatakan tidak. T_T

Hmm... Nambah lagi kayaknya... Tidak hanya DPD, Bossy tetapi juga pemain watak.

Hadapi aja orang-orang seperti mereka dengan cuek, dingin dan blak-blakan. Justru mereka lambat laun akan mundur. Bukannya bermaksud sok eksklusif atau apalah. Tapi, sungguh menderita berhadapan dengan orang gaya beginian. Terkuras emosi dan airmata. T_T

Serasa kita adalah seorang dewasa di hadapannya dan dia junior yang imut-imut. Oh ya, padahal teman saya ini lebih tua dari saya lho. Ih, kok dia gak malu yah manja begitu?

Yah, sutralah. Demikian curhatan saya mengenai DPD. Curhatan yang terpaksa saya munculkan kembali ke permukaan, karena mengusung tema pada dini hari ini mengenai 'KEPRIBADIAN' yang didiskusikan Keluarga Cengengesan malam tadi.

^_^

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun