Mohon tunggu...
Ulil Fikriatus Sholekhah
Ulil Fikriatus Sholekhah Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Uin Maulana Malik Ibrahim Malang / Jurusan PGRA / Fakultas Tarbiyah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Model Sentra Ruang Kelas yang Baik untuk Anak Usia Dini

13 Desember 2015   13:19 Diperbarui: 13 Desember 2015   13:46 2248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hal yang terpenting dalam penataan sentra ruangan adalah penempatan area dan jenis main. Penataan lingkungan man merupakan bagian yang penting dala kegiatan belajar mengajar dalam PAUD. Penataan lingkungan bermain yang bermutu harus dapat mengembangkan anaka yang menjadi tujuan sentra yaitu dapat membangun seluruh domain perkembangan pola piker anak. Selain itu penataan ruang di lingkungan paud harus di sesuaikan dengan kondisi dan karakteristik bangunan dan lingkungan pada PAUD tersebut.
Terdapat beberapa model sentra penataan sentra ruang untuk PAUD:
1. Sentra Balok
Sentra balok memfasilitsi anak bermain tentang konsep, bentuk, ukura,ketelitian, bahasa, dan kreatfitas. Bermain balok selalu dikaitkan dengan main peran mikro, bangunan yang di bangun anak digunakan untuk bermain peran.
2. Sentra main peran kecil (Mikro)
Pada sentra ini mampu mengembangkan kemamapuan berfokir anak secara abstrak, kemamapuan berbahasa, serta menyambungkan pengetahuan yanag sudah di miliki dengan pengetahuan yang baru.
3. Sentra main peran besar (Mikro)
Pada sentra ini dapat mengembangkan kemampuan mengennal lingkungan sosial, mengembanagkan kemamapuan berbahasa pada anak, serta kematanagan emosi.
4. Sentra IMTAQ
Pada sentra ini mengenalkan kehidupan beragama dengan ketrampilan yang terkait dengann agama yang di anut masing-masig anak, mengenalkan atribut sebagai agama serta sikap menghormati agama.
5. Sentra seni
Sentra seni meliputi senni tari, music, tari, kriya, atau seni pahat. Sentra ini dikembangkan tergantung pada kemampuan satuan paud. Sentra seni mengembangkan kemampuan motorik anak, seperti motorik halus, keselarasan gerak, nada, aspek sosial-emosional.
6. Sentra persiapan
Pada sentra ini lebih menekankan pengenalan keaksaraan awal pada anak, penggunaan buku, alat tulis yang dapat di lakukan pada semua sentra. Pada sentra ini persiapan lebih di perkaya jenis kegiatan bermainnya.
7. Sentra bahan alam
Pada sentra ini bahan main diisi dengan berbagai bahan main yang berasal dari alam. Pada sentra ini anak memiliki kesempatan menggunakan bahan main dengan berbagai cara sesuai pikira dan gagasan masing-masing dengan hasil yang berbeda.

   Setiap model sentra memiliki keunnggulan masing-masing.Oleh karena itu tidak penting apapun model yanag digunakan, yang terpenting bagaimana anak bisa nyaman, aman dalam bermain serta dapat mengembanagkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan perilaku baiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun