Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Logo dan Slogan Baru, Kompasiana Hadirkan Semangat Baru

9 Maret 2017   20:43 Diperbarui: 21 Maret 2017   16:00 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Logo dan Slogan Baru, Kompasiana Hadirkan Semangat Baru

Aku menjadi kompasianer sejak Oktober 2009, semangat menulis begitu terasa berbeda , ada kebanggan ketika tulisan di beri label Head Line (HL) bahkan hanya sekedar pilihan. Keberadaan kompasianer dari berbagai daerah membuat Kompasiana semakin punya ngaung di dunia perbloggeran, yup ! Kompasiana bukan hanya sebuah platform blog, tapi merupakan wadah bagi kompasianer untuk bertemu baik melalui kegiatan online maupun offline. 

Awalnya Kompasiana dihadirkan hanya untuk kalangan wartawan Kompas saja, namun tahun 2009 dibuka untuk umum, dan saat itulah siapa saja bisa mengakses Kompasiana, dan menuliskan apapun yang ingin dituliskan, fiksi pun mendapat rumahnya disini. Rumah sehat untuk menulis, begitu lah kami menyebutnya karena konten yang dihadirkan adalah konten yang baik dan berkualitas, citizen journalism ujar kang pepih disebuah acara tahun 2010, saat itu tagline kompasiana adalah "Sharing. Connecting", aku begitu mencintai kompasiana dan sangat setia sampai pertengahan tahun 2016. Setia itu mahal jendral! 

Begitulah kiranya, karena beberapa kendala di kompasiana membuat aku berpikir untuk membuat blog pribadi, susahnya mengakses kompasiana membuat ide menguap lalu perkembangan dunia blogger begitu pesat seiring dengan kegilaan orang terhadap sosial media, pengguna internet jauh lebih tertarik dengan ulasan/berita yang ditulis secara personal "user experience" menjadi hal yang diminati, sehingga kehadiran blog menjadi sangat diminati. Disaat bersamaan enatah kenapa aku merasa lelah menulis di kompasiana, ketika kita sudah sepenuh hati menulis lalu tak merasa kan 'hal manis' seperti menulis di blog pribadi. Akhirnya akupun berkhianat, aku menjadi matre, ya jujur saja ketika ada yang bisa memberi imbalan terhadap tulisan kita kenapa harus bertahan pada sesuatu yang tak pasti ?

Lama tak membuka Kompasiana, sampai akhirnya kerinduanku pun hadir, Februari awal aku sign in kembali, dan merasa ada yang berbeda, akaes sign in juga lebih cepat, dipojok atas kiri ada notifikasi 'wow its seems like news feed on facebook', lalu diatas kanan ada label terpopuler, lima label akan bertahan 'seperti trending topic' ini menunjukkan isu apa yang paling hot dibahas dalam 24 jam, lalu pada artikel yang kutayangkan juga terdapat durasi baca, artikel kita memiliki estimasi berapa menit yang dihabiskan pembaca pada setiap artikel kita, kemudian voting menjadi warna warni dibagian bawah, bahkan kompasianer bisa memberi voting 'tidak menarik' untuk sebuah artikel, wow ada kemajuan begitu batinku.

Dan puncaknya adalah pada 23 Februari lalu ketika Kompasiana memperkenalkan logo baru dengan slogan yang lebih peduli "Beyond Blogging" , bukan sekedar ngeblog ! Ahaa..akhirnya Kompasiana berbenah, akhirnya Kompasiana memperbaharui diri, dan tak ada kata terlambat untuk perbuatan baik. Kompasiana memang harus memoles dirinya kembali, ga bisa tutup mata kalau sudah banyak kompasianer yang berpindah ke lain hati. Logo baru tampil dengan warna biru yang adem, tagline Beyond Blogging mampu membuatku jatuh hati kembali 'sepertinya aku akan mendapatkan reward disini', lalu sebuah semangat baru hadir didiriku, aku akan menulis kembali !

Kehadiran Mas Andy Budiman selaku Direktur Kompas Gramedia Group of Digital juga menegaskan bahwa Kompasiana akan terus memperbaiki teknologi sehingga kompasianer dimudahkan untuk mengakses kompasiana, beliau menjanjikan akan menghadirkan Kompasiana dengan wajah yang lebih segar. Iskanda Zulkarnain yang akrab disapa Mas Isjet (COO Kompasiana) mengingatkan kembali tiga pilar utama kompasiana yaitu "platform blog, konten berkualitas dan big data", ketiga hal ini diyakini sebagai pembeda kompasiana dengan platform blog lainnya, logo dan slogan baru seolah mempertegas keberadaan kompasiana sebagai platform blog terbesar di Asia !

Selain logo dan slogan baru, Kompasiana juga akan mengeluarkan produk barunya, hal ini dijelaskan secara singkat oleh Mas Nurul, bahwa nantinya akan ada feature dimana kompasianer bisa membuat fanpagenya sendiri , so kamu akan menulis untuk komunitasmu sendiri, lalu feature Jadikan Favorit juga ada, dimana kita bisa mengumpulkan artikel-artikel yang kita sukai, dan yang paling membahagiakan bahkan sudah ada kompasianer yang merasakan reward selama Februari berupa uang tunai, wiii jadi mauuu, kompasianer yang mendapat reward adalah kompasianer yang dinilai dari beberapa kategori seperti artikel pilihan, teraktif, fiksi terbaik dan reward berupa uang tunai ini cukup menggodaku hahaha, kalau ini baru deh cocok dengan slogan baru "bukan sekedar ngeblog" alias beyond beloging

Dan sebuah tanya dari kompasianer Mas Andri langsung dieksekusi oleh Kompasiana, saat itu andri curhat ini kok komoasiana ketika kita share artikel yang muncul hanya nama kompasiana nya ? Sementara penulisnya ngak pernah dipromosiin ? Nah sekarang kalau kamu share artikelmu maka akan muncul namamu, bahkan kalau kamu sudah setting profile dengan melengkapi url facebookmu yang terjadi adalah pembaca langsung bisa mampir ke facebook mu, wee jadi bisa beken deh kita yak ! Responnya cepat, jadi kalau kamu ada ide/masukan ayo jangan sungkan sampaikan kepada admin ya, trus kalau kamu menemukan kendala jangan buat status ya genks, klik atuhlah tombol bantuan, itu nantin team IT akan langsung bantu kamu .

Welcome back Kompasiana ! Logo baru, slogan baru dan semangat baru bagi kita ! Bravo!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun