Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

5 Faktor Penyebab Gagal Jadi Pengusaha

15 Januari 2024   16:10 Diperbarui: 16 Januari 2024   17:50 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wirausaha. (Dok Shutterstock via Kompas.com)

Menggapai Mimpi Entrepreneurship: Tantangan dan Kekhawatiran dalam Berbisnis

Menjadi seorang entrepreneur adalah cita-cita banyak individu, tetapi menghadapi berbagai hambatan dan ketidakpastian saat menjalankan bisnis adalah suatu tantangan yang tidak bisa dihindari. 

Meskipun sering dianggap memiliki jiwa entrepreneur, saya sendiri pernah merasakan keraguan dan ketidakcocokan dalam peran sebagai pengusaha. Padahal orang yang mengenal saya selalu bilang bahwa saya cocok jadi pebisnis, pintar bicara, bisa menguasai materi dengan baik dan mampu meyakinkan orang. Namun saya pribadi tidak merasa demikian, kok bisa?

Jangan sampai gagal jadi pengusaha (Dok Freepik diolah oleh ulihape)
Jangan sampai gagal jadi pengusaha (Dok Freepik diolah oleh ulihape)

Mengapa Meski Berjiwa Entrepreneur, Sulit Menjadi Pengusaha?

1. Risiko Finansial yang Menakutkan

Salah satu alasan utama yang sering menjadi penghalang adalah ketakutan akan risiko finansial. Saat saya menjadi agen asuransi, kemampuan saya dalam menarik pelanggan tidak sebanding dengan kekhawatiran akan keuangan pribadi. 

Dana yang harus dialokasikan untuk mengejar calon nasabah sering membuat saya ragu untuk benar-benar memulai bisnis asuransi, belum lagi kalau yang saya tawari seseorang yang punya jabatan maka di kepala saya sudah deg-degan mentreat dia di tempat yang wah dengan ketidakpastian dia bakalan goal jadi nasabah saya, penyebabnya tentu saja kondisi finansial saya yang tak meyakinkan.

2. Modal Awal yang Terbatas

Ketika saya mencoba berjualan pakaian, kendala modal menjadi hambatan besar. Tanpa dukungan finansial yang memadai, mengubah ide menjadi kenyataan terasa seperti impian yang sulit dicapai. 

Modest artinya saya harus mundur dari upaya menjadi entrepreneur. Mau mencari modal dari pihak ketiga rasanya akan lebih berat, yah keberanian menciut seiring modal yang tak seberapa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun