Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Ramadan Tahun Ini Mengajak Kanda Berpuasa

16 Mei 2018   15:44 Diperbarui: 16 Mei 2018   16:24 670
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bila ada yang menanyakan punya target apa bulan Ramadan kali ini ? Jawabnya enggak muluk-muluk, memastikan melaksanakan sholat taraweh di mesjid dan bisa khatam Alqur'an seperti biasanya masih menjadi target prioritas bagi diri ku.

Namun aku saat ini sudah deg-degan padahal masih 14 jam lagi menuju sahur, pasalnya tahun ini anak pertama ku sudah berusia lima tahun dan dia juga sudah bertanya "apa itu puasa?" saat yang tepat untuk mengajak Kanda berpuasa. Meski tulisanku sempat menjadi headline tentang tips mengajak balita berpuasa namun pada kenyataannya aku deg-degan haha, bisa enggak ya ?

So target ku yang lain adalah mengajarkan kepada Kanda cara berpuasa yang baik dan benar. Karenanya jauh sebelum Ramadan tiba aku sudah sering mengajak nya membahas tentang berpuasa, kartun kesukaannya Syamil dan Dodo juga membantu menjelaskan apa itu puasa.

Kemarin Kanda sudah bertanya "kapan sih puasa?" dan pagi tadi kami sudah melakukan toss untuk memulai debut pertamanya menahan lapar. Sejauh ini aku belum menjadikan apapun kepada Kanda, dan lucky me besok kantorku libur sehingga aku punya kesempatan untuk melihat kemapuan Kanda dalam menahan lapar dan haus nya.

Sudah kebayang sih inshaallah Kanda bisa, tapi aku belum punya ide ketika harus menyuapi Kayama (adik) saat jam makan tiba, apa ya reaksi Kanda ?

Namanya rencana/target harus ada action untuk membuatnya tercapai sesuai target ye kan ? Biasanya untuk tadarusan aku sudah membagi jumlah halaman Alqur'an, aku bagi menjadi 20 hari karena potong masa menstruasi nanti, so Alquran ku ada 604 halaman jadi kalau dibagi 20 hari artinya aku butuh menghabiskan 30 lembar saja sehari, sanggup?

Biasanya sih sanggup karena aku punya banyak waktu untuk membaca. Pagi hari di omprengan biasanya aku membaca 45 menit bisa dapat 10-15 lembar, kemudian di ojek aku bisa 3 lembar, lanjut disela setelah sholat dzuhur dan ashar bisanya bisa 2 lembar dan perjalanan pulang di ojek plus omprengan 10 lembar.

Dengan strategi begini biasanya aku bisa mengkhatamkan bacaan Alquran selama berpuasa. Kalau sebelumnya aku justru bisa mengkhatamkan sebanyak 2-3x namun aku tahu target membaca Alqur'an berbeda jadi saat ini aku mengutamakan lafaz, tajwid nya harus benar so slowly but sure begitulah!

Taraweh ke mesjid tahun ini merupakan target yang harus aku capai, entah lah sejak menikah aku lebih memilih melakukannya di rumah ada rasa malas untuk membawa anak-anak yang masih balita. Namun Ramadan kali ini aku akan melaksanakan Taraweh ke mesjid sekalian mengajarkan kepada kedua anakku sholat sunnah yang hanya ada disaat bulan Ramadan.

Aku sudah menyiapkan strategi khusus yaitu aku sudah menyusun baju koko dan sarung anak-anak serta mukena yang akan aku gunakan supaya ketika selesai berbuka kami bisa langsung menuju masjid dengan semangat.

Mengajarkan Balita berpuasa jangan terlalu ekstrim yang penting bagiku aku akan memantau kemampuan Kanda dan sudah sepakat kalau Kanda merasa tidak kuat menahan haus maka dia akan meminta berbuka, dan besoknya akan kami mulai kembali.  Nah aku mau infoin lagi deh tips apa saja yang kita siapkan untuk mengajak si kecil berpuasa :

  1.  Yang jelas ajak anak berdiskusi tentang apa itu puasa, segala hal istilah saat bulan Ramadan harus kita jelaskan, imsyak, berbuka, sahur, taraweh harus kita beritahukan supaya si kecil paham ketika kita ajak berbuka dan sahur
  2. Seperti janji ku pada Kanda kami akan memulai menahan lapar dan haus nya secara bertahap dan sesuai kemampuannya saja
  3. Asupan bergizi ketika sahur dan berbuka. Aku pun sewaktu kecil selalu diberikan susu coklat untuk merasa lebih strong and it's work kok hehe
  4. Mengalihkan rasa lapar dan haus dengan mengajak beraktivitas ringan. Misalnya bermain game, mengajak bercerita atau tidur siang
  5. Memberi reward, nah untuk ini aku memang demikian diperlakukan oleh orang tuaku namun saat ini aku belum menjanjikan apa-apa untuk Kanda semoga aku bisa melewati pemberian reward ini ya, bismillah..
  6. Mengajak berbuka diluar, sepertinya Kanda akan senang kalau aku ajak berbuka di mall, kan dia ngaku nya anak mall hehe
  7. Cek Kesehatan anak, yang pasti puasa itu wajib bagi yang sehat so kalau anak memang sakit sebaiknya jangan dipaksakan untuk berpuasa ya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun