Mohon tunggu...
ulfiyanizahra
ulfiyanizahra Mohon Tunggu... Guru - mahasiswa pendidikan ilmu pengetahuan sosial universitas pendidikan indonesia

hobi saya membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Belajar IPS dengan Memanfaatkan Tren TikTok: Menghubungkan Konten Edukasi dan Hiburan

23 Desember 2024   05:18 Diperbarui: 23 Desember 2024   05:18 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pendahuluan

Era digital telah membawa perubahan fundamental dalam lanskap pendidikan global. Transformasi ini tidak hanya mengubah cara kita mengakses informasi, tetapi juga telah merevolusi cara pengetahuan ditransmisikan dan dipahami. Di tengah arus perubahan yang pesat ini, platform media sosial TikTok telah muncul sebagai fenomena yang menarik untuk dikaji dalam konteks pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Evolusi Teknologi dalam Pendidikan Sejarah perkembangan teknologi dalam pendidikan telah melewati berbagai fase penting. Dimulai dari era papan tulis dan kapur, berkembang ke penggunaan proyektor dan presentasi digital, hingga kini memasuki era pembelajaran berbasis platform sosial media. Setiap fase membawa perubahan signifikan dalam cara pendidik menyampaikan materi dan siswa memahami pembelajaran. TikTok, sebagai platform yang relatif baru, menawarkan pendekatan yang unik dalam menghadirkan konten edukatif melalui format video pendek yang dinamis.

Transformasi ini menjadi semakin relevan mengingat karakteristik generasi pembelajar saat ini yang sangat akrab dengan teknologi digital. Mereka tumbuh dalam dunia yang terkoneksi, di mana informasi dapat diakses dengan sentuhan jari dan pengetahuan dibagikan secara instan. Kondisi ini menciptakan kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih adaptif dan selaras dengan cara mereka mengonsumsi informasi.

Dinamika Pembelajaran IPS di Era Digital Ilmu Pengetahuan Sosial, sebagai bidang studi yang mencakup berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, ekonomi, dan sosiologi, memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari mata pelajaran lain. Kompleksitas materi IPS seringkali menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran. Konsep-konsep abstrak, data historis yang kompleks, dan fenomena sosial yang multidimensi membutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

Di sinilah TikTok hadir sebagai platform yang menawarkan solusi inovatif. Kemampuannya dalam menyajikan informasi melalui format video pendek yang kaya akan elemen visual dan naratif membuka peluang baru dalam pembelajaran IPS. Platform ini memungkinkan kompleksitas materi IPS diterjemahkan ke dalam bentuk yang lebih mudah dicerna dan menarik bagi siswa.

Urgensi Adaptasi Metode Pembelajaran Kebutuhan untuk mengadaptasi metode pembelajaran menjadi semakin mendesak mengingat perubahan perilaku belajar generasi digital. Penelitian menunjukkan bahwa attention span generasi ini cenderung lebih pendek, namun mereka memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memproses informasi visual dan multimedia. Fenomena ini menciptakan tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan.

TikTok, dengan formatnya yang singkat namun kaya akan konten, menawarkan solusi yang selaras dengan karakteristik pembelajaran generasi digital. Platform ini memungkinkan materi pembelajaran disampaikan dalam durasi yang singkat namun tetap bermakna, sambil memanfaatkan berbagai elemen multimedia untuk meningkatkan pemahaman dan retensi informasi.

Potensi Transformatif TikTok dalam Pembelajaran IPS Integrasi TikTok dalam pembelajaran IPS membuka berbagai kemungkinan baru dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Platform ini tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai informasi, tetapi juga sebagai alat untuk memvisualisasikan konsep-konsep abstrak dalam IPS, menghadirkan perspektif baru dalam memahami fenomena sosial, menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan engaging, mendorong kreativitas dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, membangun komunitas pembelajaran yang lebih luas dan kolaboratif

Pergeseran Paradigma Pembelajaran Penggunaan TikTok dalam pembelajaran IPS menandai pergeseran paradigma yang signifikan dalam dunia pendidikan. Pergeseran ini mencakup, perubahan peran guru dari transmitter pengetahuan menjadi fasilitator pembelajaran, transformasi siswa dari pembelajar pasif menjadi kreator konten edukatif, evolusi materi pembelajaran dari format statis menjadi konten dinamis dan interaktif, perluasan ruang kelas dari batasan fisik menjadi ruang pembelajaran virtual yang tak terbatas

Tantangan dan Peluang Meski menawarkan berbagai potensi, penggunaan TikTok dalam pembelajaran IPS juga menghadirkan tantangan yang perlu diantisipasi. Mulai dari isu privasi dan keamanan digital, hingga kebutuhan untuk memastikan kualitas dan akurasi konten pembelajaran. Namun, tantangan ini juga membuka peluang untuk mengembangkan pendekatan yang lebih inovatif dan bertanggung jawab dalam pemanfaatan teknologi untuk pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
  20. 20
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun